Pabrik Perakitan Mitsubishi Rayakan Produksi 5 Juta Unit Pajero Sport

Pajero Sport 2018. (Istimewa)
07 Juni 2018 04:10 WIB Newswire Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA - Sejak berdiri sejak 1961 Pabrik perakitan Mitsubishi Thailand yang berada di Laem Chabang, kini sudah mencapai produksi 5 juta unit. Sebagai perayaannya Mitsubishi Pajero Sport menjadi penanda jumlah 5 juta produksi.

Pabrik Mitsubishi Thailand sendiri pertama kali mencapai jumlah satu juta unit pada tahun 2003. Jumlah produksi dua juta unit berhasil dicapai pada tahun 2010 dan hanya dalam waktu tiga tahun, Mitsubishi Motors Thailand mencapai tiga juta unit di tahun 2013. Seiring bertambahnya permintaan, Mitsubishi Motors Thailand mencapai jumlah produksi empat juta unit di tahun 2015.

Tokopedia

Dalam perayaan produksinya turut hadir Dr Somkid Jatusripitak, Wakil Perdana Menteri Thailand, Mr. Shiro Sadoshima, Duta Besar Extraordinary dan Plenipotentiary Jepang untuk Kerajaan Thailand Mr. Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors Corporation dan Penasehat kehormatan BOI.

Jatusripitak menilai pencapaian produksi 5 juta unit sebagai pencapaian kolaborasi yang sukses anatar Mitsubishi Motors dan Pemerintah Thailand.

“Pencapaian Mitsubishi Motors Thailand sebagai tolok ukur industri otomotif sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan Thailand. Komitmen perusahaan terhadap Thailand, dan kepemimpinannya dengan praktik berkelanjutan merupakan inisiatif yang membantu kami untuk mencapai target ekonomi nasional,” ujarnya dilansir Okezone, Selasa (5/6/2018).

Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors Corporation, ungkap hal yang sama dengan kerjasama Pemerintah Thailand. “Kami selalu yakin akan potensi pertumbuhan pasar domestik Thailand. Kebijakan jangka panjang pemerintah Thailand untuk pertumbuhan industry otomotif juga merupakan pertanda baik untuk bisnis kami,” papar Osamu.

Fasilitas Mitsubishi Motors Thailand’s di Laem Chabang merupakan yang terbesar selain di Jepang, dimana pabrik tersebut mampu memproduksi 424,000 kendaraan setiap tahunnya dengan tujuan ekspor lebih dari 120 negara. Hasil produksinya menunjang pertumbuhan perusahaan di wilayah ASEAN dan juga internasional.

Sementara, Mr. Morikazu Chokki, Presiden dan CEO Mitsubishi Motors Thailand menilai pencapaiana ini menjadikan Mitsubishi untuk terus merintis segmen dan teknologi baru sebagai basis produksi di pasar lokal maupun tujuan eksport.

"Kami akan berinovasi dan meningkatkan teknologi keras dan lunak menjadi paket yang human-centric, dan memberikan fleksibilitas, meningkatkan kepercayaan diri dan fungsionalitas. Ini yang membentuk dasar dari tagline global kami ‘Drive your Ambition’ dan ini merupakan komitmen kami untuk konsumen.” tegas Chokki.

Dari lima juta unit kendaraan, 3.7 jutanya akan di ekspor ke lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Di tahun 2016, Mitsubishi Motors Thailand merayakan jumlah ekspor kendaraannya yang mencapai tiga juta unit.

Mitsubishi Motors Thailand saat ini mengoperasikan tiga pabrik di Laem Chabang. Pabrik pertama dibuka pada tahun 1992, dan yang kedua pada tahun 1996, yang terakhir fokus dalam memproduksi truk pickup dengan kapasistas satu ton. Produk tersebut tergabung dalam “Thailand Product Champion” yang pertama, untuk mendorong dan menetapkan Thailand sebagai pusat produksi dan basis ekspor untuk truk pickup.

Di tahun 2007, Mitsubishi Motors Thailand tergabung dalam “Thailand Product Champion” yang kedua atau Eco Car project dan menginvestasikannya di pabrik mobil ke tiga, yang mulai memproduksi eco cars di tahun 2012. Mitsubishi Motors Thailand juga memiliki pabrik powertrain yang memproduksi mesin untuk pasar domestik dan juga ekspor.

Mitsubishi Motors Thailand saat ini memiliki lebih dari 6,650 karyawan. Untuk meningkatkan operasi dan pengaruh perannya di Mitsubishi Motors group, MMTh juga memiliki fasilitas untuk Global Parts Logistics, proving ground dan Akademi Edukasi yang baru.

Sumber : Okezone