Begini Hasil Investigasi Kecelakaan Mobil Swakemudi Uber

Mobil Swakemudi Uber. (Istimewa)
26 Juni 2018 06:10 WIB Newswire Otomotif Share :

Solopos.com, ARIZONA - Mobil swakemudi Uber mengalami kecelakaan dan menewaskan seorang pejalan kaki. Uniknya, "operator keselamatan" dari mobil swakemudi Uber sedang menonton TV sebelum kendaraan itu terlibat dalam tabrakan fatal.

Dilansir BBC, Minggu (24/6/2018), dari laporan polisi setempat terungkap bahwa pejalan kaki malang itu bernama Elaine Herzberg, 49, dari Tempe, Arizona. Laporan polisi menunjukkan bahwa pengemudi mobil saat itu sedang streaming episode acara bakat The Voice dan tidak memantau laju kendaraan saat dia mengaktifkan mode swakemudi.

Peristiwa ini membawa pengandara itu menghadapi dakwaan pembunuhan dengan kendaraan. Laporan polisi Tempe mengatakan, kecelakaan itu "sepenuhnya bisa dihindari" jika operator Uber, Rafaela Vasquez, mengawasi jalan ketika mobil itu beroperasi secara swakemudi.

Jaksa wilayah telah menerima salinan laporan polisi, yang dirilis pada 21 Juni setelah permintaan kebebasan informasi. Dalam eksperimennya dengan mobil tanpa pengemudi, Uber telah mengamanatkan bahwa operator manusia harus tetap selalu memperhatikan jalan, setiap saat. Sehingga mereka dapat mengambil alih dalam situasi sulit atau ketika kendaraan menemui situasi yang tidak diketahui cara menanganinya.

Saat itu, Vasquez tengah melihat ke arah layar ponselnya sekitar 0,5 detik sebelum akhirnya terjadi kecelakaan itu. Tetapi dia telah berkonsentrasi pada ponselnya sekitar 5,3 detik sebelumnya. Pada saat itu, mobil Volvo tanpa pengemudi melakukan perjalanan dengan kecepatan 44 mph (70km / jam).

Dalam sebuah pernyataan, Uber mengatakan itu bekerja sama sepenuhnya dengan investigasi yang berkelanjutan sementara itu melakukan tinjauan keselamatan internal sendiri.

"Kami memiliki kebijakan ketat yang melarang penggunaan perangkat seluler bagi siapa pun yang mengoperasikan kendaraan kami sendiri. Kami berencana untuk berbagi lebih banyak tentang perubahan yang akan kami buat untuk program kami segera," tulis keterangan Uber itu.

Laporan polisi wilayah Tempe yang dirilis oleh Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS, mengungkapkan mobil Uber memiliki sekitar enam detik untuk bereaksi setelah melihat Herzberg menyeberang jalan dalam kegelapan di depannya.

Dari hasil penemuan polisi, mobil itu "gagal" mengidentifikasi Herzberg sebagai pejalan kaki dan tidak mengambil tindakan untuk menghindari dari terjadinya tabrakan atau melakukan penghentian darurat. 

Tokopedia