Inilah Kampung Safety Riding di Semarang

Taman lalu lintas di TK Kartini Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jateng. (Istimewa)
17 Juli 2018 06:40 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, SEMARANG — Kampung Safety Riding sebagai bagian dari program Tim Safety Riding Astra Motor Semarang ternyata ada di Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Program Kampung Safety Riding di Kelurahan Pandean Lamper sudah diterapkan sejak 2015 silam.

Demi menjaga konsistensi program tersebut, Tim Safety Riding dari Astra Motor Semarang, Jateng kembali mendatangi kelurahan tersebut demi mengadakan beberapa kegiatan, Sabtu (9/7/2018). Mulai sosialisai safety riding atau keselamatan berkendara hingga penataan infrastruktur dilakukan di kelurahan tersebut.

Sosialisasi safety riding oleh Tim Safety Riding Astra Motor Semarang di Kampung Safety Riding, Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jateng, Sabtu (9/7/2018). (Istimewa)

Dengan dihadiri sejumlah warga Kelurahan Pandean Lamper, Tim Safety Riding Astra Motor Semarang, Jateng memberikan sosialisasi serta edukasi tentang keselamatan berkendara serta menerangkan progam kerja agar Kelurahan Pandean lamper menjadi Kampung Safety Riding yang mandiri.

"Dengan demikian, warga diharapkan mampu mengolah kegiatan yang ada dan mewujudkan potensi pariwisata Kampung Safety Riding," begitu keterangan yang diterima Solopos.com dari Tim Safety Riding Astra Motor Semarang, Jateng, Kamis (12/7/2018).

Pembuatan fasilitas simulasi ujian SIM C di Kampung Safety Riding, Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jateng, Sabtu (9/7/2018). (Istimewa)

Selain itu, Tim Safety Riding Astra Motor Semarang, Jateng juga tak lupa membuat Lay Out SIM C, yakni tempat berlatih bagi yang ingin menjalani ujian SIM C. pembuatan tempat tersebut bertujuan agar warga yang hendak menjalani ujian SIM C bisa belajar terlebih dahulu dan mendapatkan bekal pengalaman.

Papan informasi atau yang disebut mading tentang keslematan berkendara yang sudah terpasang di setiap RW di Kelurahan Pandean Lamper pun tak luput dari perbaikan dalam kegiatan tersebut. Mading tersebut diperbaiki demi memberikan informasi terkait keselamatan berkendara kepada warga serta menjadi ajang kreatifitas warga dalam mengolah mading yang ada.

Perbaikan mading di Kampung Safety Riding, Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jateng, Sabtu (9/7/2018). (Istimewa)

Di antara banyak kegiatan yang dilaksanakan Astra Motor Semarang, Jateng di Kelurahan Pandean, ada satu kegiatan yang bisa dibiang paling menarik, yakni pembuatan taman baca.

Taman baca yang didirikan di Kantor Kelurahan Pandean Lamper akan dijadikan sebagai fasilitas penunjang warga untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Menariknya, taman baca tersebut dilengkapi dengan fasilitas mading elektronik yang menampilkan tayangan safety riding dan pengetahuan umum lainnya.

Taman lalu lintas di TK Kartini Pandean Lamper yang sudah dibuka beberapa tahun silam juga diperbaiki agar bisa digunakan kembali oleh anak-anak. "Untuk media pembelajaran anak-anak TK supaya dari dini anak-anak dikenalkan tentang rambu lalu lintas," Tim Safety Riding Astra Motor Semarang, Jateng pada keterangan tertulisnya.

Kegiatan Tim Safety Riding Astra Motor Semarang, Jateng di salah satu kelurahan di Kota Semarang tersebut juga melibatkan beberapa pihak lainnya. Selain warga Lamper Pandean, Tim Safety Riding Astra Motor Semarang, Jateng juga menggandeng pemerintah Kelurahan Lamper Pandean, kepolisian, serta Dinas Perhubungan Kota Semarang dalam kegiatan tersebut.

Tokopedia