Pengin Ikuti Kompetisi Safety Riding Honda? Begini Syaratnya

Astra Honda Safety Riding Instructors Competition 2018 di Pekanbaru, Riau, 17/19 Juli 2018. (Istimewa/Astra Motor Jateng)
02 Agustus 2018 21:40 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, SEMARANG — Astra Honda Safety Riding Instructors Competition atau Kompetisi Instruktur Keselamatan Berkendara Astra Honda telah sukses digelar setiap tahunnya dalam 12 tahun terakhir. Terakhir, Astra Honda menggelar kompetisi serupa di Pekanbaru, Riau, 17 Juli sampai 19 Juli 2018 lalu.

Kompetisi tersebut ternyata terbuka untuk semua orang, bukan hanya bagi pegawai Astra Honda Motor. Bahkan, Astra Honda Motor Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengajak semua orang mengikuti kompetisi tersebut untuk gelaran pada 2018 mendatang.

Astra Honda Safety Riding Instructors Competition 2018 di Pekanbaru, Riau, 17-19 Juli 2018. (Istimewa-Astra Motor Jateng)

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, menyatakan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mengikuti Astra Honda Safety Riding Instructors Competition. "Syarat wajib yang harus dimiliki untuk ikut kompetisi tersebut tentunya adalah memiliki sim C dan sudah mengikuti Training Safety Riding Honda," ungkapnya melalui keterangan tertulis kepada Solopos.com, Kamis (2/8/2018).

Cara untuk menjadi peserta kompetisi tersebut sangat mudah, yakni dengan mendaftar langsung ke main dealer Astra Honda Motor Semarang di Jl. Gajahmada, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Selain itu, calon peserta juga disarankan bergabung dengan klub motor Honda demi meningkatkan wawasan.

Astra Honda Safety Riding Instructors Competition 2018 di Pekanbaru, Riau, 17-19 Juli 2018. (Istimewa-Astra Motor Jateng)

Para calon peserta nantinya akan dilatih terlebih dahulu sebelum benar-benar siap mengikuti kompetisi. Namun calon peserta tak perlu khawatir soal biaya karena semuanya sudah ditanggung pihak Astra Honda Motor.

Sebelum mengikuti Astra Honda Safety Riding Instructors Competition, calon peserta terlebih dahulu diseleksi. "Ada tahapan yang harus dilalui sebelum menjadi peserta tingkat nasional yaitu sanggup mengalahkan perolehan poin- poin dari kandidat lainnya yang memiliki keinginan sama. Di kompetisi nasional adalah orang–orang yang siap berlomba dari sisi mental dan ketrampilan dan terbaik dari daerah asalnya tentunya," jelas Oke.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng itu menambahkan materi yang akan dijadikan sebagai bahan seleksi adalah kemampuan dasar berkendara sepeda motor. Postur berkendara, cara mengendalikan sepeda motor, dan pengetahuan tentang keselamatan berkendara adalah materi yang akan diujikan.

Selain itu, Oke menyarankan kepada para calon peserta agar mampu menunjukkan mental yang kuat agar bisa mewakili Astra Motor Jateng di kompetisi nasional tersebut. "Tentunya berlatih untuk memiliki kemampuan dasar yang bagus akan lebih banyak membantu, karena saat lomba mental itu akan teruji, dengan ikut bergabung di komunitas atau klub honda akan menguatkan dari mental untuk sanggup tampil berkompetisi," lanjutnya.

Astra Honda Safety Riding Instructors Competition 2018 di Pekanbaru, Riau, 17-19 Juli 2018. (Istimewa-Astra Motor Jateng)

Calon peserta tak lupa diingatkan agar berlatih dengan sepeda motor standar karena nantinya pada saat kompetisi juga akan menggunakan sepeda motor standar. Kompetisi tersebut bukan hanya boleh diikuti pria, namun para wanita juga diperkenankan mendaftar dan mengikuti seleksi sebagai perwakilan Astra Motor Jateng di Astra Honda Safety Riding Instructors Competition.

Pada kompetisi tersebut, nantinya akan ada beberapa ujian yang harus dihadapi peserta, yakni pengereman, slalom course, papan keseimbangan, dan pengetahuan lalu lintas. Pada tahap pengereman, peserta akan diuji untuk mengerem kendaraan hingga berhenti dengan cara yang stabil dalam jarak pendek dengan postur yang aman dan benar.

Sedangkan pada slalom course keterampilan pengendaraan dan pengendalian kendaraan melalui lintasan tertentu dengan posisi berkendara yang benar akan diujui. Untuk papan keseimbangan, peserta akan diuji keterampilannya dalam menjaga keseimbangan dengan kecepatan yang ekstra pelan dengan postur berkendara yang benar. Pada pengetahuan berlalu lintas, pengetahuan seputar lalu lintas, etika berkendara, dan teknik berkendara akan diujikan.

Kompetisi ini memiliki berbagai kategori perlombaan, yakni instruktur kelas big bike, instruktur kelas sport, instruktur kelas skutik, instruktur kelas grup, advisor dealer, advisor komunitas kelas sport, dan advisor komunitas kelas skutik.

Sebagai bagian dari upaya perusahaan menciptakan budaya aman dan nyaman berkendara dengan menyiapkan instruktur terampil yang terlatih, kompetisi ini diikuti instruktur safety riding honda, anggota komunitas Honda, dan advisor dealer honda seluruh Indonesia. Pada 2019 mendatang, Astra Honda Safety Riding Instructors Competition rencananya akan digelar di salah satu kota di Pulau Sumatra.

Bagaimana? Tertarik untuk mewakili Astra Motor Jateng di Astra Honda Safety Riding Instructors Competition? Langsung saja mendaftar di main dealer Astra Honda Motor Semarang di Jl. Gajahmada, Kota Semarang, Jateng dan bergabung dengan salah satu klub motor Honda.

Tokopedia