GIIAS 2018: All-New Jimny, Titisan Mobil Pertama Jokowi

Suzuki Jimny, all new jimny
05 Agustus 2018 07:00 WIB Yudi Supriyanto Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Apa mobil pertama yang dimiliki Presiden Indonesia Joko Widodo? Jawabannya adalah Suzuki Jimny, SUV yang populer di era 1990-an. Menurut pengakuan Soebronto Laras, Presiden Komisaris Suzuki Indomobil Motor, hal ini disampaikan Jokowi saat melihat model anyar All New Jimny 4WD di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Pernyataan ini tentu saja bikin kaget. Namun, jika menelaah ke belakang, kita bisa memahami kenapa Jokowi memilih Jimny sebagai mobil pertamanya karena memang merek ini diminati banyak kalangan, terutama mereka yang suka petualangan.

Ketika masih muda, Jokowi merupakan mahasiswa pencinta alam Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada (UGM), Silvagama. Ya, Presiden yang satu ini memang gemar mendaki gunung saat masih kuliah.

Popularitas Jimny diamini Tony Soewito, salah satu pengunjung yang melihat All New Jimny 4WD. Dirinya sangat suka dengan Jimny. Bahkan, dia memiliki Jimny yang dijual terakhir kali di Indonesia pada era 1990-an.

Tony menggunakan Jimny di medan offroad seperti perkebunan dan sesekali di medan onroad. Ukuran Jimny yang kecil membuatnya mudah dan handal ketika dibawa di medan-medan offroad. “Bagus. Kalau bisa ada tipe matik dan 4x4.”

Dia berharap All New Jimny bakal dirilis di pasar Indonesia, tetapi dijual dengan rentang harga yang terjangkau, yaitu di kisaran Rp150 juta hingga Rp210 juta. Ricka Safitri, salah seorang surveyor All New Jimny, mengungkapkan pihaknya sedang melakukan survei terkait dengan persepsi masyarakat terhadap produk itu selama acara GIIAS 2018 berlangsung.

Dalam surveinya, dia ditugaskan untuk mengetahui harga yang diinginkan oleh pelanggan dari Indonesia. Dalam surveinya, Ricka juga bertanya usia pengunjung Jimny selain menanyakan harga minimal dan maksimal untuk kendaraan All New Jimny 4WD.

Hingga kemarin, berdasarkan hasil survei, harga minimal terendah yang diinginkan oleh pengunjung adalah Rp90 juta, sedangkan harga tertinggi Rp450 juta.

Harold Donnel, Head of 4W Brand Development and Marketing Research Suzuki, mengungkapkan respons masyarakat terhadap All New Jimny 4WD sangat bagus.

“Mayoritas pengunjung bernostalgia dengan Jimny. Mereka appreciate dengan model yang klasik tetapi fashionable dan kental dengan aura offroad,” ujar Harold.

Saat ini, pemesanan terhadap mobil ini belum dimulai dan hanya dipajang selama ajang GIIAS 2018. Namun, banyak konsumen telah menyatakan ketertarikannya untuk melakukan pembelian.

Suzuki Motor Corporation sebenarnya telah meluncurkan All New Jimny 4WD di Jepang pada Kamis (5/7) untuk pertama kalinya. Jimny generasi terbaru tersebut terlahir dalam varian minicar dan compact car.

Mobil ini mewarisi struktur tubuh tradisional Jimny dari rangka tangga yang baru dikembangkan dengan mesin depan, penggerak roda belakang, 4WD dengan gigi transfer jarak rendah yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan (part time 4WD), dan suspensi poros kaku 3-link.

Jimny terbaru juga dilengkapi dengan fitur kontrol traksi rem LSD (limited slip-differential) sebagai peralatan standar pada semua varian untuk mewujudkan kinerja off-road yang andal.

Apabila Jimny versi minicar memiliki mesin turbo 0,66 liter R06A yang dirancang khusus, Jimny baru versi mobil kompak dilengkapi dengan mesin K15B berkapasitas 1,5 liter yang baru dikembangkan.

Bagaimana, ingin bernostalgia dengan All New Jimny?