Astra Honda Motor Dominasi Klasemen Road Race Asia

Pembalap Astra Honda Racing Team, Rheza (tengah) dan Mario (kiri) menaiki podium pertama dan kedua pada balapan Asia Road Racing Championship seri keempat di Madras Motor Race Track, Chennai, India, Sabtu-Minggu (4-5/8 - 2018). (Astra/honda.com)
10 Agustus 2018 23:40 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, CHENNAI — Pembalap muda Astra Honda Racing Team (AHRT) menyelesaikan balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018 seri keempat dengan torehan positif. Seusai menuntaskan balapan seri keempat di Madras Motor Race Track, Chennai, India, Sasbtu-Minggu (4-5/8/2018), Rheza dan Mario berhasil mempertahankan dominasi klasemen sementara di posisi pertama dan kedua.

Rheza bertengger di posisi pertama dengan 148 pon disusul Mario di posisi kedua dengan raihan 122 poin. Sedangkan satu pembalap lain yang juga dari tim Astra Honda Racing Team, Awhin, berada di posisi 6 dengan raihan 72 poin.

Pada balapan pertama kelas AP250, Sabtu (4/8/2018), pertarungan sengit mewarnai jalannya balapan. Agresifnya pembalap tim lain menyebabkan Rheza dan Mario harus terlempar ke posisi belakang.

Namun dalam waktu singkat, kedua pembalap tersebut berhasil membalikkan keadaan dan memimpin jalannya balapan. Bahkan aksi saling menyalip terjadi di antara Rheza dan Mario di posisi depan. Balapan pertama kelas AP250 itu berakhir dengan kejayaan Rheza yang finish di posisi pertama, disusul Mario di posisi kedua. Sedangkan Ahwin harus puas di posisi kelima.

Pada balapan kedua kelas AP250, Minggu (5/8/2018), ketiga pembalap binaan Astra Honda Motor (AHM) tersebut kembali melanjutkan kegigihan mereka dalam bertarung memperebutkan posisi terbaik. Awhin yang memulai jalannya balapan di posisi ke-15 mampu menunjukkan kemampuannya dengan finish di posisi ke-7.

Hasil kurang beruntung justru dialami Mario pada balapan kedua ini. Mario terjatuh saat berusaha melesat ke depan di putaran ketiga sehingga tak dapat melanjutkan balapan.

Sementara itu, Rheza yang sempat berada di posisi keenam pada awal balapan terus mengejar pembalap di depannya. Hasilnya, Rheza mampu memimpin jalanannya balapan untuk sementara waktu.

Namun sayangnya, Rheza kehilangan kendali di lap keempat sehingga sempat tertinggal jauh dari pembalap lainnya. Meski begitu, pria kelahiran Jogja itu tak mau menyerah begitu saja. Rheza bangkit dan langsung memacu kembali sepeda motor Honda CBR250RR yang ia tunggangi di lintasan balap hingga mampu finish di posisi 17.

Rheza mengaku senang nisa meraih podium pertama pada balapan pertama, meski harus terlempar di posisi ke-17 pada balapan kedua. "Saya senang balapan pertama dapat meraih podium pertama untuk Indonesia. Namun saya kurang beruntung di balapan kedua, meskipun sudah memimpin di posisi terdepan. Mohon dukungan dan doanya agar di seri Sentul pada Oktober mendatang saya dapat mempersembahkan podium tertinggi di depan pendukung Tanah Air," ujar Rheza seperti dikutip pada laman resmi milik Astra Honda.

Sementara itu, pada kelas Supersport 600cc, pembalap lain yang juga dari tim Astra Honda Racing Team, Andi Farid Izdihar, juga berhasil memberikan hasil positif pada balapan pertama, Sabtu (4/8/2018). Pembalap asal Bulukumba itu berhasil menempati posisi keempat.

Sayangnya pada balapan kedua, Minggu (5/8/2018), Andi tak mampu meneruskan balapan karena terjatuh. Di sisi lain, rekan setimnya, Irfan Ardiansyah, mampu menunjukkan hasil positif paska pulih dari cidera. Di balapan pertama dan kedua, Irfan berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke 14 meski pada balapan kedua Irfan harus memulai balapan dari posisi paling belakang.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Indraputra, mengatakan hasil positif yang didapatkan para pembalap Astra Honda Racing Team di seri keempat Asian Road Racing Championship merupakan hasil dari kerja keras dan semangat juang yang tinggi. Meski di sisi lain, lanjutnya, banyak pelajaran berharga yang dapat memacu mereka untuk lebih baik lagi di seri berikutnya.

"Para pebalap muda ini mendapatkan banyak pelajaran berharga selama balapan beberapa seri ARRC sampai tengah musim ini. Kami berharap setiap perjuangan mereka dapat semakin mendekatkan mimpi-mimpi pebalap muda berbakat Tanah Air ini untuk memberikan kebanggaan kepada bangsa di ajang balap. Kami akan terus mendukung perjuangan ini," ungkapnya.

Tokopedia