Harley Davidson Patenkan Rem Otomatis

Harley Davidson (Car And Bike)
15 Agustus 2018 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO – Harley Davidson mengajukan permohonan hak paten untuk teknologi pengereman terbaru. Perusahaan sepeda motor ternama di dunia itu menggunakan sistem pengereman terbaru yang bisa dipakai secara otomatis dalam kondisi darurat.

Dikutip dari Over Drive, Selasa (14/8/2018), sistem keamanan baru bakal menjadi bagian dari model Harley Davidson di masa depan yang disebut automatic braking system (sistem keamanan otomatis). Tingginya angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor membuat Harley Davidson tergerak menciptakan teknologi mutakhir yang mengutamakan keselamatan pengendara.

Sistem pengereman otomatis terbaru dari Harley Davidson dibekali sensor khusus untuk meramal kapan tabrakan terjadi. Jadi, sistem ini diklaim bakal mengurangi risiko pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan. Sistem pengereman otomatis itu mengandalkan radar, kamera, dan sensor lain untuk memantau laju kendaraan dan kondisi lingkungan sekitar.

Sistem pengereman otomatis itu mampu mengidentifikasi kondisi jalan di depan pengendara. Sebab, sensornya diletakkan pada kemudi, jok, pijakan kaki, panel instrumen, bahkan helm. Harley Davidson memang memfokuskan kinerja sistem pengereman otomatis itu untuk memprediksi kemungkinan kecelakaan. Ketika potensi kecelakaan muncul, maka rem akan bekerja secara otomatis menurunkan kecepatan sepeda motor.

Sebelum sistem pengereman otomatis bekerja, indikator pada setiap panel bakal berkedip untuk memperingatkan pengendara. Jika pengendara tidak siap dalam hitungan detik, maka sistem tersebut secara otomatis memperlambat laju sepeda motor.

Sensor yang diletakkan di jok dan setang berfungsi untuk memeriksa posisi pengendara apakah telah duduk dan memegang setang dengan benar. Sementara kamera dipasang untuk mengawasi mata pengendara. Semua alat tersebut dipasang untuk menjamin keselamatan pengendara.

Fitur automatic braking system yang dikembangkan Harley Davidson ini terbilang baru untuk kendaraan roda dua. Umumnya, teknologi rem otomatis dikembangkan pada kendaraan roda empat atau lebih. Jadi, bisa dibilang Harley Davidson merupakan pelopor pengembang sistem pengereman otomatis pada kendaraan roda dua.

Tokopedia