AHM Gelar Kontes Layanan Honda Nasional Demi Puaskan Konsumen

Kontes Layanan Honda Nasional 2018. (Astra/honda.com)
22 Agustus 2018 11:00 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA — PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Kontes Layanan Honda Nasional sebagai wujud keseriusan AHM dalam meningkatkan pelayan demi memuaskan konsumen. Pada pelaksanaan Kontes Layanan Honda ke-12 ini, AHM membagi kontes menjadi dua kelompok dealer, yaitu kelompok regular dealer dan kelompok wing diler atau big wing.

Hal ini dilakukan sesuai perkembangan segmen konsumen sepeda motor Honda yang membutuhkan beragam pelayanan. Dalam setiap kelompok terdapat tiga kategori yang dilombakan sesuai dengan perannya dalam melayani konsumen, yaitu pimpinan jaringan Honda, deliveryman, dan front line people (FLP).

Seleksi Kontes Layanan Honda 2018 telah dilaksanakan bulan Januari dengan seleksi tahap regional. Bekerja sama dengan 29 dealer utama Honda di seluruh Indonesia, sebanyak 1.859 peserta menunjukkan kemampuan terbaiknya di ajang adu skill layanan. Dari jumlah tersebut, ada 1.039 peserta yang terdiri dari sales man, sales counter, petugas administrasi, dan sales counter part yang mengikuti penilaian pada kategori front line people (FLP).

Kategori deliveryman diikuti oleh 433 peserta, sedangkan 387 peserta lainnya merupakan penanggung jawab AHASS dan showroom. Setelah melewati tahap seleksi regional, 141 peserta dari tiga kategori yang terdiri dari 51 FLP, 45 Deliveryman, dan 45 pimpinan jaringan terbaik berkompetisi pada tahap Nasional yang diadakan pada tanggal 13 Agustu hingga 16 Agustus 2018.

Pada tahap Nasional, para peserta melewati beberapa tahap penilaian pre-contest dengan karantina selama tiga hari dan grand final yang dilaksanakan pada Kamis (16/8/2018) untuk memilih peserta terbaik. Pada tahap pertama, yaitu penilaian pre-contest para peserta di kategori FLP diuji dengan mystery shopping dan mystery calling pada.

Pengujian yang dilakukan pada kategori deliveryman dilakukan berupa penilaian proses pengantaran sepeda motor Honda hingga sampai di tangan konsumen. Sementara itu, pada kategori pimpinan jaringan, dilakukan dealer audit, mystery shopping, dan mystery calling. Pada masa karantina selama tiga hari, para peserta diuji dengan beberapa rangkaian penilaian seperti tes tertulis, studi kasus, role play, presentasi, dan wawancara.

General Manager Honda Customer Care Center (HC3) Division AHM Istiyani Susriyati mengatakan berkembangnya bisnis sepeda motor dan meningkatnya harapan masyarakat terhadap pelayanan memicu upaya pihak Astra Honda Motor beserta untuk meningkatkan pelayanan dengan cara mengasah keterampilan memberikan pelayanan saat berinteraksi dengan konsumen. "Pelayanan yang prima menjadi prioritas kami dalam menyuguhkan kepuasan dan kebahagiaan konsumen sepeda motor Honda," ujarnya seperti dikutip pada laman resmi milik Astra Honda Motor.

Peningkatan pelayanan itu, menurut Istiyani, bisa dilakukan melalui kontes seperti itu. "Melalui kontes layanan ini, kami berupaya terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen seiring dengan meningkatnya ekspektasi masyarakat," tandas Istiyani.