Mobil Otonom Apple Kecelakaan Saat Diuji Coba

Logo Apple (Bbc.com)
01 September 2018 20:00 WIB Chelin Indra Sushmita Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO – Mobil otonom Apple mengalami kecelakaan saat diuji coba. Kecelakaan itu terjadi di Kalifornia, Amerika Serikat, saat mobil Apple diuji coba tanpa menggunakan sopir. Mobil tersebut ditabrak dari belakang ketika melaju di jalan bebas hambatan dekat Lembah Silikon, Kalifornia, Amerika Serikat.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (1/9/2018), kecelakaan mobil SUV Lexus RX450h yang dimodifikasi dengan peralatan khusus itu telah dikonfirmasi oleh pihak Apple. Padahal, sebelumnya mereka tidak pernah secara terbuka memberikan komentar tentang program mobil otonom mereka.

Kecelakaan tersebut terjadi pada 24 Agustus 2018 yang melibatkan mobil Apple, SUV Lexus RX450h dan Nissan Leaf. Mobil Apple yang melaju dengan kecepatan satu mil per jam ditabrak dari belakang oleh Nissan Leaf yang berkecepatan sekitar 15 mil per jam.

Kedua mobil tersebut mengalami kerusakan cukup parah. Namun, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Selama ini, Apple memang menyimpan rapat-rapat rencana mengembangkan mobil otonom tersebut. Apple mengucurkan dana miliaran untuk membuat kendaraan yang bisa berjalan tanpa pengemudi.

Namun, pada 2016 lalu mereka mengajukan permohonan kepada regulator transportasi Amerika Serikat agar tidak membatasi pengujian kendaraan. Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Apple mendapatkan izin menguji kendaraan otonom di Kalifornia pada 2017 lalu.

Keamanan mobil otonom menjadi sumber kekhawatiran pembuat regulasi transportasi di Amerika Serikat. Hal itu terjadi setelah kendaraan buatan Uber Technology menabrak orang hingga tewas. Insiden tersebut membuat perusahaan menghentikan uji coba kendaraan otonom.

Sampai saat ini ada sekitar 95 laporan kecelakaan yang melibatkan mobil otonom di Amerika Serikat. Hal itu membuat Departemen Transportasi sangat selektif memberikan izin uji coba kendaraan otonom, karena bahaya yang ditimbulkan sangat besar.

Tokopedia