Astra Honda Motor Perluas Kampanye Safety Riding

YAHM Student Camp di Kusuma Agrowisata, Kota Batu, Jatim, Rabu-Kamis (29-30/8 - 2018). (Astra/honda.com)
07 September 2018 03:00 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, MALANG — Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) kembali menggelar program YAHM Student Camp untuk mengajak generasi muda untuk peduli dengan keselamatan berkendara secara kreatif dan kekinian. Kali ini, program YAHM Student Camp merambah ke Jawa Timur (Jatim) dengan menggandeng 80 pelajar SMA melalui pendekatan kekinian berupa pelatihan pembuatan konten blog, vlog, dan fotografi.

Program di Jatim itu merupakan salah satu bentuk perluasan YAHM Student Camp yang telah sukses digelar di Bogor, Jawa Barat dan Cibubur, DKI Jakarta sebelumnya. Student Camp ketiga ini dilaksanakan di Kusuma Agrowisata, Kota Batu, Jatim, Rabu-Kamis (29-30/8/2018).

Sebanyak 80 pelajar SMA yang mengikuti program dari Yayasan Astra Honda Motor itu didampingi 20 guru. Melalui media blog, vlog, dan fotografi yang tengah digemari anak muda, para pelajar akan dilatih untuk menyebarkan pesan keselamatan berkendara dengan bahasa dan gaya mereka.

YAHM Student Camp di Kusuma Agrowisata, Kota Batu, Jatim, Rabu-Kamis (29-30/8/2018). (Astra-honda.com)

Sebelum belajar berkampanye keselamatan berkendara melalui blog, vlog, dan fotografi, peserta terlebih dahulu mendapatkan pelatihan road safety campaign secara komprehensif dalam bentuk teori dan praktek berkendara langsung. Selain itu, mereka juga berkesempatan mencoba Honda Riding Trainer (HRT) yang merupakan alat simulasi berkendara dengan segala kondisi.

Peserta juga mendapatkan ilmu mengenai keamanan berkendara lebih dalam dari Kasatlantas Polres Batu, AKP Christopher Adhikara Lebang. Sebagai bentuk kepedulian menghindari kecelakaan lalu lintas akibat dampak narkoba, Yayasan Astra Honda Motor turut menghadirkan Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Jatim, Brigjen Bambang Budi Santoso.

Sementara itu, Tim Jolly Roger sebagai vlogger kreatif yang sukses tampil dalam lomba vlog yang diadakan sebelumnya oleh Yayasan Astra Honda Motor di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) didapuk sebagai trainer vlog dalam program tersebut. Sedangkan untuk blogging, Gesang Hidayat dari Potretbikers.com akan berbagi tips dan trik membuat blog lebih menarik sekaligus berpengaruh.

YAHM Student Camp di Kusuma Agrowisata, Kota Batu, Jatim, Rabu-Kamis (29-30/8/2018). (Astra-honda.com)

Sedangkan untuk pelatihan fotografi, Yayasan Astra Honda Motor mengundang wartawan dan fotografer berpengalaman, Indramawan, yang pernah berkiprah di industri media untuk berbagi ilmu.

Wakil Ketua Yayasan Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan program YAHM Student Camp bertujuan mengajak dan menginspirasi generasi milenial dengan pendekatan yang milenial pula. Berdasarkan riset yang dilakukan, Yayasan Astra Honda Motor meyakini tren blogging, vlogging, dan fotografi yang menjalar di kalangan generasi muda dapat menjadi senjata efektif bagi para pelajar untuk bersama-sama menciptakan iklim aman berkendara yang menyenangkan dan aman di jalan raya.

"Peserta YAHM Student Camp adalah duta keselamatan berkendara masa kini. Dengan kemampuan mereka menggunakan tool yang sangat powerfull saat ini, yaitu blogging, vlogging, dan fotografi, kami berharap lebih banyak anak muda yang melek akan pentingnya kesadaran aman berkendara," ujar Ahmad seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi milik Astra Honda Motor, Kamis (6/9/2018).

Salah satu peserta YAHM Student Camp, Ray Adinata dari SMKN 12 Malang, mengakui kegiatan tersebut berlangsung sangat seru. "Student Camp ini sangat seru karena dengan tema kekinian bisa mengajak siswa untuk memberi inspirasi keselamatan berkendara bagi generasi muda lainnya," ujarnya.

Kegiatan yang digelar berkat kerja sama Yayasan Astra Honda Motor dan dealer utama sepeda motor Honda area Jatim, PT Mitra Pinasthika Mulia, itu diikuti peserta dari 80 pelajar dari 20 sekolah. Ke-20 sekolah tersebut adalah SMK St. Louis Surabaya, SMK Senopati Sidoarjo, SMK Yapalis Krian, SMAN 1 Gedangan, SMK Adhikawacana Surabaya, SMK Turen, SMAN 1 Batu. SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, SMK Maarif Batu, SMK Muhammadiyah 8 Babat Lamongan, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Krian, SMKN 9 Malang, SMK Diponegoro Malang, SMK Nasional Malang. SMK PGRI 6 Malang, SMK Triyasa, SMKN 1 Pujon, SMKN 10 Malang, dan SMKN 12 Malang.