SMK Kosgoro Sragen Dukung Astra Motor Jateng Kampanyekan Safety Riding

Verifikasi SMK Kosgoro Sragen, Jateng, Rabu (12/9 - 2018) terkait budaya safety riding yang dikampanyekan Astra Motor Jateng. (Istimewa)
15 September 2018 04:00 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, SRAGEN — SMK Kosgoro Sragen, Jawa Tengah (Jateng) mendukung program kampanye safety riding yang dilaksanakan Astra Motor Jateng. Hal itu diungkapkan langsung Kepala SMK Kosgoro Sragen, Suhadi, kala sekolahannya dikunjungi tim safety riding Astra Motor Jateng, Rabu (12/9/2018).

Menurut Suhadi, program dari Astra Motor Jateng itu akan menunjang kreatifitas dan ketrampilan para pelajar dalam berkendara. Pada kunjungan itu, tim safety riding yang diwakili salah satu instruktur safety riding Honda, Suko Edi, melakukan verifikasi terhadap SMK Kosgoro yang memang merupakan sekolah binaan Astra Motor Jateng dalam bidang safety riding.

Verifikasi tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa SMK Kosgoro dan segenap warganya sudah siap dengan budaya safety riding. Astra Motor Jateng menilai budaya safety riding akan menunjuang nilai jual sekolah dan akan menjadi ujung tombak sekolah untuk melakukan promosi keluar.

Simulasi ujian praktek SIM C di SMK Kosgoro Sragen, Jateng, Rabu (12/9/2018). (Istimewa)

Sekolah binaan Astra Motor Jateng dalam bidang safety riding, termasuk SMK Kosgoro Sragen, dipastikan sudah disertai Komunitas Keselamatan Sekolah (KKS), peralatan simulasi keselamatan berkendara seperti simulasi uji keseimbamban, simulasi jalan tidak rata, dan simulasi ujian SIM C yang ukurannyasesuai dengan lokasi asli ujian praktek SIM C. Sejumlah fasilitas itu akan membuat siswa terlatih dan diharapkan bisa lulus ketika mengikuti ujian praktek SIM C.

Verifikasi ke SMK Kosgoro Sragen itu juga tidak melewatkan budaya safety yang lainya, seperti budaya industri. Budaya industri bisa dimulai dari jalur hijau, papan peringatan, papan petunjuk, dan papan keselamatan.

Simulasi ujian praktek SIM C di SMK Kosgoro Sragen, Jateng, Rabu (12/9/2018). (Istimewa)

Budaya industri dimaksudkan agar para pelajar terbiasa dengan ketatnya dan disiplinnya budaya industri perusahaan-perusahaan di Indonesia. Hal seperti itu akan menjadi sorotan bagi perusahaan kepada sekolah, bahwa sekolah ini beda dengan yang lainya, yaitu memiliki keunggulan di bidang keselamatan, baik keselamatan jalan maupun keselamatan dalam dunia industri.

Astra Motor Jateng memang konsisten dalam kampanye safety riding.  Kegiatan tersebut dilakukan di berbagai kalangan masyarakat, mulai dari balita orang dewasa pun menjadi sasaran kampanye safety riding Astra Motor Jateng.