Volkwagen Berhenti Produksi Mobil Kodok

VW Beetle. (Istimewa)
16 September 2018 15:45 WIB Newswire Otomotif Share :

Solopos.com, BERLIN - Merek mobil Jerman, Volkswagen, pada Kamis (14/9/2018), mengumumkan akan menghentikan produksi Beetle atau yang di Indonesia lebih populer dengan nama VW Kodok, mulai tahun depan.

Hinrich Woebcken, CEO Volkswagen Group of America, mengatakan keputusan itu diambil karena VW akan fokus pada mobil listrik dan kendaraan-kendaraan keluarga yang berukuran lebih besar.

Meski demikian Volkswagen berencana untuk meluncurkan dua edisi terakhir VW Kodok, baik yang bertipe coupe maupun yang convertible. "Kehilangan Bettle setelah tiga generasi, setelah hampir tujuh dekade, akan memantik emosi dari banyak penggemar Beetle," kata Woebcken mengutip laporan Antara, Jumat (14/9/2018).

VW Kodok pertama kali dibuat di Jerman pada dekade 1930an. Adalah Ferdinand Porsche yang mengembangkan VW Kodok, dengan dukungan Adolf Hitler, pemimpin Nazi dan Jerman usai Perang Dunia I.

Tetapi setelah Perang Dunia II, usai kejatuhan Hitler, VW Kodok menjadi simbol Jerman sebagai sebuah negara industri yang kuat. Pada 1960an, ia menjadi salah satu ikon budaya modern pada 1960an.

Tokopedia

Sumber : Antara