Yamaha R25 & R3 Bikin Pembalap Kelas Dunia Terkesan

Yamaha R1 tampil di acara peluncuran Yamaha R25 dan Yamaha R3 di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Kamis (11/10 - 2018). (Istimewa)
13 Oktober 2018 08:00 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA — PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah meluncurkan sepeda motor terbaru Yamaha R15 dan Yamaha R3 di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Kamis (11/10/2018). Pada peluncuran tersebut, PT YIMM mendatangkan beberapa pembalap kelas dunia.

Beberapa pembalap yang hadir adalah pembalap WorldSSP300 Galang Hendra, pembalap Moto GP asal Malaysia Hafizh Syahrin, dua pembalap Yamaha Racing Asean di kelas Supersports 600 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018 Yuki Ito dan Keminth Kubo, serta beberapa racer lain asal Asia yang akan bertarung dalam seri kelima ARRC 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor, akhir pekan ini.

Di acara yang mengusung tema R1 20th Anniversary "We Are R" Global Launching dan juga sebagai peringatan 20 tahun Yamaha R1 itu, Galang Hendra Pratama dan Hafizh Syahrin diperkenankan meniup lilin sebagai puncak dari selebrasi 20 Yamaha R1. Galang Hendra Pratama juga mendapat kesempatan untuk memberikan pernyataan sehubungan dengan keikutsertaannya kembali dalam balap dunia WorldSSP300 musim 2019 dengan motor terbaru Yamaha R3 yang baru diluncurkan tersebut.

Dalam pernyataannya, Galang Hendra mengucapkan terima kasih kepada Yamaha Motor Company dan Yamaha Indonesia karena telah memberikannya kesempatan berlaga di kejuaraan World Supersport 300 tahun depan. "Dengan motor baru ini [Yamaha R3] pastinya memberikan spirit buat saya dan saya akan melakukan yang terbaik untuk Merah Putih Semakin di Depan," ungkapnya seperti dikutip pada siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (12/10/2018).

President Director & CEO PT YIMM, Minoru Morimoto, memberikan sambutan di di acara peluncuran Yamaha R25 dan Yamaha R3 di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Kamis (11/10/2018). (Istimewa)

Sementara itu, President Director & CEO PT YIMM, Minoru Morimoto, mengungkapkan PT YIMM merupakan satu-satunya pabrik yang memproduksi Yamaha R25 dan Yamaha R3 sejak kali sepeda motor tersebut mulai dijual pada Juli 2014 silam. "Kami memenuhi sistem produksi berdasarkan standar manajemen Yamaha dan kontrol kualitas menyeluruh untuk menghadirkan produk berkualitas tinggi ke seluruh dunia termasuk Amerika Serikat, Eropa dan Jepang," ungkapnya.

Selain itu, ia memastikan Galang Hendra akan menggunakan Yamaha R3 seri terbaru di ajang World Supersport 300 musim 2019 nanti. "Yamaha akan mendukung dan kita percaya bahwa Galang Hendra akan memiliki motivasi kuat sebagai seorang pahlawan dari Indonesia," papar Minoru Morimoto.

Di sisi lain, para pembalap yang hadir di acara peluncuran tersebut mengaku merasa terkesan dengan penampilan terbaru Yamaha R25 dan Yamaha R3. Desain kedua sepeda motor itu memang terinspirasi dari sepeda motor Yamaha YZR-M1, tunggangan Valentino Rossi di Moto GP.

Dukungan kinerja shock-breaker depan dengan tipe upside down dipastikan membuat rider semakin nyaman dan lebih stabil. Begitu banyak fitur-fitur anyar lainnnya yang membuat Yamaha R25 dan Yamaha R3 semakin dicintai.

Kenyamanan dan kerennya desain sepeda mtoor terbaru keluaran Yamaha itu diakui Galang Hendra yang juga melontakan pujiannya. "Desainnya sangatlah keren dari aerodinamis pastinya bisa menambahkan speed dan desain speedonya makin sporty. Suspensi depan dengan tipe upside down lebih nyaman, lebih stabil dan saya tidak sabar untuk mengendarai motor ini di sirkuit," ujar pembalap 19 tahun asal Jogja tersebut.

Bukan hanya Galang, dua pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Richard Taroreh dan Faeroz, turut mengutarakan rasa terkesan mereka dengan Yamaha R25 seri terbaru yang baru diluncurkan. Bahkan, mereka sudah tak sabar lagi menggunakan motor tersebut dalam balap Asia Production 250 (AP250) di ARRC 2018.

Body Yamaha R15 yang aerodinamis diklaim sangat mendukung lajunya saat dipacu di trek lurus. Kinerja suspensi upside down juga akan membuat sepeda motor lebih stabil dan mudah dikontrol.

Alhasil, pengguna Yamaha R25 akan lebih mudah untuk melahap berbagai model tikungan. Disamping itu, ada berbagai fitur anyar lainnya dari Yamaha R25, seperti lampu yang full LED, tampilan tangki yang lebih sporty, lengan ayun Asymetrical Rear Arm yang ringan dan kokoh, serta ban tubeless dengan tapak lebar.

"Desainnya sporty banget, pastinya siap untuk speed tinggi dimana dari tampilan depan sangat aerodinamis seperti R1 dan R6. Saya suka suspensi depannya yang upside down. Pastinya lebih nyaman untuk kontrol di cornering, juga desain tangkinya lebih sporty juga," tutur Richard Taroreh.

Sedangkan Faeroz menilai desain Yamaha R25 terbaru itu tampak mengesankan. "Untuk desainnya pastinya lebih bagus, karena desain motor ini lebih sporty seperti R6 dan R1. Kemudian model speedo lebih bagus dan suspensi depan pastinya mendukung untuk balapan," beber Faeroz.

Selain itu, pembalap kelas Underbone 150 di ARRC 2018, Wahyu Aji Trilaksana, menilai desain Yamaha R25 terbaru sangat sporty. "Desain terbukti lebih sporty, desainnya menyerupai R1 dan R6. Bagusnya sudah menggunakan upside down, pastinya lebih mantap untuk handlingnya di trek," tuturnya.