Biar Selamat ke Sekolah, Pelajar SMK Bina Mandiri Rembang Dibina Astra

Pembinaan keselamatan berkendara dari Astra Motor Jateng di SMK Bina Mandiri, Rembang, Jateng, Sabtu (3/11 - 2018). (Istimewa)
10 November 2018 05:00 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, REMBANG — Para pelajar di SMK Bina Mandiri Rembang mendapatkan pembinaan terkait safety riding atau keselamatan berkendara dari Astra Motor Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (3/11/2018). Pembinaan bertajuk Edukasi dan Sosialisasi Safety Riding dari Astra Motor Jateng itu bertujuan agar para pelajar selamat saat pergi dan pulang sekolah.

Pasalnya, kondisi jalan menuju SMK Bina Mandiri di RT 002/RW 001, Desa Bogoharjo Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Jateng itu tidak rata dan berlubang. Ditambah kondisi jalan yang sempit, sehingga para pelajar SMK Bina Mandiri Rembang dibina agar selamat sampai di sekolah.

Pembinaan keselamatan berkendara dari Astra Motor Jateng di SMK Bina Mandiri, Rembang, Jateng, Sabtu (3/11/2018). (Istimewa)

Kegiatan pembinaan safety riding Astra Motor Jateng itu diawali dengan sambutan dari kepala sekolah SMK Bina Mandiri. Dalam sambutanya, kepala sekolah mengajak setiap warga sekolah untuk sadar pentingnya keselamatan saat berkendara karena di warga sekolah tidak sedikit yang menjadi korban kecelakaan terutama kecelakaan sepeda motor.

Acara pembinaan di bagi dalam dua sesi, yaitu sesi indoor dengan penyampaian teori dan sesi outdoor dengan praktik. Sesi pertama edukasi teori dilaksanakan di aula SMK Bina Mandiri dengan jumlah peserta 85 siswi.

Pada sesi teori, pelajar diterangkan tentang data kecelakaan, akibat kecelakaan, dan diajak belajar potensi bahaya saat berkendara dan belajar cara berkendara yang baik dan benar. Acara teori berlangsung 40 menit dan dlanjutkan sesi praktik di halaman sekolah.

Pembinaan keselamatan berkendara dari Astra Motor Jateng di SMK Bina Mandiri, Rembang, Jateng, Sabtu (3/11/2018). (Istimewa)

Sebelum sesi praktik di mulai, peserta ditantang mengikuti lomba menggunakan riding gear, yaitu memakai helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu secara cepat. Hal itu bertujuan menyimulasikan kondisi pengedara apabila sedang terburu-buru sehingga peserta mengetahui akibat dari terburu-buru, yaitu banyak pemakain riding gear yang tidak sesuai urutan dan salah dalam mengunakannya.

Memasuki sesi praktik, peserta diberi pemahaman tentang riding gear atau perlengkapan berkendara, postur berkendara yang benar, dan cara mengendarai sepeda motor diatas narrow plank atau papan keseimbangan.

Setelah semua diajarkan, peserta diajak mengikuti lomba melintasi narrow plank. Untuk peserta yang terlama di atas narrow plank, akan mendapat hadiah helm dan jaket #Cari_Aman dari Astra Motor Jateng. Kegiatan pembinaan keselamatan berkendara itu ditutip dengan foto bersama.