Honda Ancang-Ancang Perkenalkan Mobil Listrik

Salah satu konsep mobil listrik Honda. (Istimewa - Honda)
18 November 2018 21:40 WIB Jafar Sodiq Assegaf Otomotif Share :

Solopos.com, TOKYO - Berbagai produsen otomotif terkemuka dunia terus berlomba mengembangkan mobil listrik sebagai kendaraan masa depan. Tak terkecuali dalam hal ini pabrikan otomotif ternama asal Jepang, Honda.

Bahkan, produsen yang bermarkas di Minato, Tokyo, Jepang tersebut sudah punya ancang-ancang untuk meluncurkan mobil listrik buatan mereka tahun depan di China.

Selain Negeri Tirai Bambu, pihak Honda juga menargetkan India sebagai target pasar mobil listrik. Namun Honda Cars India berencana baru akan merilisnya pada tahun 2023 atau 2024.

Dilansir Rushlane, Sabtu (17/11/2018), langkah cepat yang dilakukan Honda sepertinya menjadi strategi untuk tidak tertinggal dari pabrikan lain. Pasalnya, sebagai salah satu raksasa otomotif dunia, sebelumnya Honda cukup terlambat bermain di segmen mesin diesel.

Sayangnya Honda belum banyak memberikan terkait informasi mobil listrik racikannya. Hanya saja model yang kemungkinan masuk dalam segmen B atau SUV diperkirakan akan datang dengan daya jangkau 150-200 kilometer.

Sedangkan platform-nya sendiri akan datang dari platform yang sama dengan New Amaze, Brio dan mungkin saja compact Crossover. Tapi sebelum mobil listrik Honda menyapa publik, perusahaan akan terlebih dahulu mengenalkan Honda City versi hybrid.

Dengan demikian, Honda akan menjadi pabrikan kelima yang ikut bermain di kelas mobil listrik untuk pasar India.

Sebelumnya Suzuki sudah mulai melakukan uji jalan untuk WagonR listrik prototipe yang rencananya meluncur 2020. Demikian juga dengan Hyundai yang akan mengisi pasar mobil listrik dengan SUV premium Kona listrik. Sementara Toyota akan berbagi platform dengan Suzuki.

Dengan begitu hampir semua mobil yang meluncur di India akan memiliki powertrain hybrid atau listrik di 2020.