Skutik Listrik Gesits Diproduksi Massal Januari 2019

Skutik Gesits. (Septian - Liputan6.com)
23 November 2018 07:10 WIB Newswire Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir memastikan bahwa sepeda motor listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) akan diproduksi massal pada Bulan Januari 2019. Rencana produksi massal ini, kata Nasir, akan dilakukan dalam 4 line.

"Insya Alloh bulan Januari akan dilakukan produk massal dengan kapasitas 50 ribu unit setahun atau sekira 5 ribu unit perbulan," kata Nasir usai diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema Membangun Indonesia Dalam Prespektif Peningkatan Daya Saing Daerah di Pemprov Jatim, sebagaimana dilansir Okezone, Kamis (22/11/2018).

Nasir juga mengatakan, hingga saat ini untuk infrastruktur juga sudah siap. Salah satunya, adalah infrastruktur terkait baterei untuk sepeda motor Gesits. Diantaranya adalah ketersediaan baterei untuk menunjang sepeda motor listrik tersebut. "Sudah bekerjasama dengan pihak Pertamina. Nanti batereinya akan ada di SPBU Pertamina. Jadi nanti tinggal tukar baterei baru saat di SPBU itu," jelasnya.

Motor listrik ini adalah hasil inovasi anak daerah. Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi juga sudah mencoba sepeda motor listrik tersebut. Selain itu, harga dari sepeda motor listrik ini pun bersaing dengan sepeda motor konvensional yang ada saat ini.

Nasir juga menyebut, saat ini pihaknya sedang mengembangkan mobil listrik yang juga akan diproduksi massal. Kata Nasir, dengan menggunakan kendaraan listrik akan menghemat energi sebanyak 30 persen. "Dunia saat ini sedang berubah. Dengan energi listrik ini akan menghemat pemakaian energi sebanyak 30 persen," jelas Nasir.

Untuk diketahui, Sepeda motor listrik GESIT ini merupakan karya ITS yang bekerjasama dengan PT Garasindo. Gesits sendiri memiliki daya tampung baterai senilai 5.000 Kwh. Tak perlu risau Gesits hanya membutuhkan waktu dari 3 hingga 4 jam untuk mengisi ulang baterainya.

Sumber : Okezone