Kampanyekan Safety Riding, Honda Gelar Lomba di SMKN 1 Tengaran

Kampanye safety riding di SMKN 1 Tengaran, Jl. Darun Na'im, Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jateng, Rabu (21/11 - 2018). (Istimewa)
24 November 2018 03:00 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO — Kampanye safety riding Honda, melalui Astra Motor Jateng, digelar di SMKN 1 Tengaran, Jl. Darun Na'im, Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (21/11/2018). Pada acara tersebut, digelar pula beberapa lomba menarik.

Dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com, kegiatan kampanye safety riding dari Astra Motor Jateng itu terbagi dalam beberapa kegiatan. Kegiatan yang digelar dalam kampanye safety riding di SMKN 1 Tengaran itu adalah verifikasi, edukasi, dan perlombaan.

Kampanye safety riding di SMKN 1 Tengaran, Jl. Darun Na'im, Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jateng, Rabu (21/11/2018). (Istimewa)

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui kemampuan anggota Komunitas Keselamatan Sekolah (KKS) SMKN 1 Tengaran dalam mengajar teori safety riding serta praktik safety riding. Selain itu, Astra Motor Jateng juga mengaudit sekolah agar sesuai dengan 4 Pilar Keselamatan sesuai dengan metode Sekolah Safety Riding Mandiri Honda.

Kegiatan dimulai dengan acara verifikasi yang diawali dengan sambutan dari kepala SMKN 1 Tengaran. Dalam sambutanya, kepala sekolah mengajak agar setiap warga sekolah sadar akan pentingnya safety riding atau keselamatan berkendara karena tidak sedikit warga sekolah yang menjadi korban kecelakaan, terutama kecelakaan sepeda motor.

Acara dilanjutkan dengan edukasi safety riding yang dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi teori dan sesi praktik. Pada sesi teori, sebanyak 65 siswa antusias mengikutinya di aula SMKN 1 Tengaran. Pada sesi tersebut, para siswa dijelaskan segala hal tentang data kecelakaan, akibat kecelakaan, potensi bahaya saat berkendara, dan cara berkendara yang baik dan benar.

Kampanye safety riding di SMKN 1 Tengaran, Jl. Darun Na'im, Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jateng, Rabu (21/11/2018). (Istimewa)

Acara teori berlangsung 30 menit dan dlanjutkan sesi praktik di Lapangan Simulasi Uji SIM C SMKN 1 Tengaran. Pada sesi praktik, peserta diajarkan tentang riding gear atau perlengkapan berkendara serta postur berkendara yang benar.

Beberapa anggota KKS mempraktikan bagaimana mengendarai sepeda motor di Lapangan Simulasi UJI SIM C. Ada beberapa jenis trek di Lapangan Simulasi Uji SIM CC yaitu trek zig-zag, trek angka delapan, trek u-turn, trek pengereman reaksi.

Setelah semua hal tentang safety riding diajarkan, peserta diajak mengikuti lomba teknik berkendara dasar. Peserta yang berhasil memenangi lomba tersebut pun mendapatkan sejumlah hadiah menarik dari Honda dan Astra Motor Jateng.