Pembalap Yamaha Dominan di Kejurnas Sport 150 CC

Balapan Kejurnas Sport 150 cc di Sirkuit Internasional Sentul, Kabpaten Bogor, Jabar, Sabtu (24/11 - 2018). (Istimewa)
27 November 2018 02:00 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, BOGOR — Sejumlah pembalap Yamaha berhasil mendominasi podium pada ajang balapan sepeda motor Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sport 150 cc seri pertama di Sirkuit Internasional Sentul, Kabpaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (24/11/2018). Ajang tersebut merupakan bagian dari Indospeed Race Series (IRS) 2018.

Reynaldi Pradana dari tim Yamaha HDS Racing dan rekan se-timnya, Wahyu Aji Trilaksana, sukses meraih podium juara dan runner-up pada kelas yang diramaikan 28 pembalap itu ini. Sedangkan podium ketiga diraih Gupita Kresna dari tim Yamaha Oryza.

Reynaldi Pradana yang berhasil meraih podium juara mengaku sudah merasa perfoma sepeda motor yang ia tunggangi memang sangat prima sejak awal latihan. "Saat kualifkasi, saya berhasil meraih pole-position. Saat balapan berlangsung, karena pertarungannya sangat ketat saya berupaya menjaga ritme balapan," ujarnya seperti dikutip pada siaran pers yang diterima Solopos.com.

Reynaldi juga mengaku kunci kemenangannya adalah saat balapan tersisa tiga putaran. "Kemudian saat tersisa tiga lap, saya push hingga limit hingga ada gap atau jarak waktu hingga 2,864 detik dan berhasil meraih podium tertinggi. Terima kasih untuk dan semua yang sudah mensupport saya, semoga race dua saya bisa raih podium kembali," imbuhnya.

Dari pembalap yang finis 10 besar, terdapat tujuh rider yang menggunakan pacuan Yamaha YZF-R15. Mengacu pada hasil ini, maka Yamaha kembali menancapkan dominasinya dalam klasemen sementara Kejurnas Sport 150 cc. Sedangkan Posisi puncak klasemen sementara masih dipegang oleh Richard Taroreh dengan perolehan 134 poin dan unggul 57 poin dari Reynaldi Pradana yang bertengger di posisi kedua.

Di bagian lain kelas Kejurnas Sport 250 cc, pembalap tim Yamaha RRS, Rey Ratukore, sukses merangkak di klasemen sementara. Rey Ratukore mampu finis di posisi keempat pada race pertama meskipun start dari posisi kesembilan.

Alhasil, jika dijumlahkan dengan poin sebelumnya, maka Rey Ratukore naik dari peringkat keempat ke peringkat ketiga pada klasemen sementara Kejurnas Sport 250 cc. Total peserta yang terlibat di Kejurnas Sport 250 cc ialah 29 starter.

Atas capaian itu, Rey mengaku sangat bersyukur meski belum terlalu puas. "Puji Tuhan, saya bisa finis di posisi keempat. Memang hasil dari kualifikasi kurang baik, namun saya berusaha untuk terus push dan bersaing di barisan top group," ucap pembalap Yamaha RRS itu.

Meski bersyukur, Ray sedikit menyesal karena tak mampu finis di posisi ketiga. "Sebelumnya saya bisa berada di posisi ketiga, sayangnya momen di lap terakhir saat masuk di tikungan ke-6 saya terlalu memaksa dan out. Tapi saya senang, dari hasil ini klasemen poin naik ke peringkat tiga," ucap Rey Ratukore.

Sedangkan Richard Taroreh yang sebetulnya start dari posisi pertama justru mengalami kendala teknis. "Motor saya terlambat panas. Saat empat lap terakhir, motornya baru terasa enak. Sayangnya, saya sudah tertinggal rombongan depan. Race kedua, saya akan berusaha lebih baik lagi," tutur Richard taroreh yang harus puas finis kedelapan.