Judul Lagu yang Jangan dan Boleh Didengarkan Saat Mengemudi

Ilustrasi mengemudi mobil. (Istimewa)
27 November 2018 06:45 WIB Newswire Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA - Anda penyuka lagu-lagu Bruce Springsteen atau group band The Killers? Sebaiknya berhati-hati bila mendengarkannya selagi menyetir. Karena mendengarkan musik saat berkendara bakal mendatangkan masalah. Apalagi ditambah dengan alat bantu (earphones), yang malahan mengurangi fungsi pendengaran.

Suara klakson dan peringatan dari mengguna jalan raya lainnya bisa terabaikan begitu saja. Meski demikian, masih banyak pengemudi yang belum menyadari bahaya hal ini. Dan membuat tindakan preventif dengan mengecilkan volume musik, bila menggunakan earphones.

Lebih detail lagi, Moneybarn, penyedia jasa keuangan dan kendaraan dari Inggris melakukan survei. Kesimpulannya, secara umum musik dengan ritme yang membuat jantung berdetak lebih dari 120 per menit memberikan efek meningkatkan kecepatan laju berkendaraan. Semakin keras, semakin besar pula kemungkinan pengendara melanggar peraturan lalu lintas.

Lantas, juga diteliti beberapa lagu yang cukup membahayakan untuk didengar selagi menyetir kendaraan.

Sebanyak 96 lagu paling populer di Spotify dipilih lantas dikelompokkan menurut penyanyi maupun band penembangnya. Hasilnya mencengangkan. Ada lima buah lagu yang tergolong paling berbahaya bila didengarkan dengan alat bantu earphones dan selagi menyetir.

Mr. Brightside dari The Killers, Don't Let Me Down The Chainsmokers, dan Born to Run Bruce Springsteen adalah tiga diantara yang paling berbahaya.  Sedangkan lagu yang paling dianjurkan selagi menyetir, akan tetapi sebaiknya tidak menggunakan earphones adalah Stairway to Heaven dari Led Zeppelin yang sangat melegenda itu.

Sumber : Suara