Startup Rivian Perkenalkan Mobil SUV Listrik dengan Tenaga Setara Hypercar

SUV bikinan startup Rivian. (Istimewa)
29 November 2018 04:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Otomotif Share :

Solopos.com, LOS ANGELES - Ajang pameran otomotif dunia, Los Angeles Motor Show, menjadi ajang bagi produsen-produsen otomotif untuk memperkenalkan kendaraan listrik masing-masing. Tak mau ketinggalan, start up bernama Rivian juga ikut ambil bagian memperkenalkan sebuah SUV (sport utility vehicles) bertenaga listrik.

Ajang pameran LA Motor Show dimanfaatkan produsen mobil listrik start up Rivian untuk memperkenalkan produk terbarunya R1S. Mobil jenis SUV yang memiliki kapasitas tujuh penumpang itu tampil sebagai mobil keluarga yang memiliki tenaga besar.

Dilansir The Verge, Selasa (28/11/2018), Rivian memang tak main-main soal tenaga dari empat motor listrik yang dipasangkan pada empat roda sebagai poros putar penggerak mobil. Dimana setiap motor listrik mampu menghasilkan tenaga mencapai 197 bhp.

Jika ditotal dengan empat motor listrik yang digunakan pada R1S maka, tenaga yang dimiliki SUV tujuh penumpang tersebut setara dengan tenaga pada mesin konvensional hypercar yang saat ini banyak beredar. Rivian R1S memiliki tenaga hingga 754 Bhp dengan torsi besar 826 lb-ft.

Diatas kertas, SUV ini dari posisi diam menyentuh kecepatan 100 kilometer hanya membutuhkan waktu sekira 7 detik. Rivian menawarkan tiga tipe kekuatan tenaga baterai yang mampu menempuh jarak 240 mil, 310 mil dan 420 mil.

Secara desain R1S memang terlihat cukup futuristik namun tampilannya sedikit terlihat kaku dari bentuk yang mengotak. Mobil ini juga dilengkapi dengan suspensi Fitur double wishbone depan dan multi-link suspensi belakang, di samping pegas udara dan peredam adaptif.

Rivian mengklaim sistem drivetrain dan sasis listrik memungkinkan kinerja on-road yang mengesankan dan penanganan serta kontrol off-road yang tepat yang melampaui solusi mekanis yang ada dari aspal.

Namun mobil ini baru melakukan debut ajang pamer dan baru akan melakukan penjualannya pada 2020 mendatang. Rivian akan memulai produksi di pabrik bekas Mitsubishi di Illinois Amerika Serikat.