Disaksikan Ribuan Penonton, Yamaha Cup Race 2018 Sukses Digelar di Semarang

Balapan Yamaha Cup Race 2018 di di Sirkuit Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (2/12 - 2018). (Istimewa)
07 Desember 2018 01:00 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, SEMARANG — Babak final ajang balapa sepeda motor Yamaha Cup Race (YCR) 2018 sukses terlaksana di Sirkuit Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (2/12/2018). Kompetisi yang mempertemukan para jawara regional dari Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi itu memberikan kepuasan kepada ribuan penonton yang hadir.

Tercatat sekitar enam ribu pasang mata yang memenuhi trek Mijen Semarang yang memiliki panjang 1,4 km itu. Bukan hanya sajian kompetisi balap, penonton juga terhibur dengan aksi freestyler tanah air yang berprestasi di level internasional, yaitu Wawan Tembong. Aksi-aksinya mendapatkan aplaus dan membuat suasana semakin meriah.

Balapan Yamaha Cup Race 2018 di di Sirkuit Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (2/12/2018). (Istimewa)

Cuaca panas area Mijen Semarang menjadi tidak terasa dengan berbagai acara menarik yang telah dihadirkan. Penonton juga dimanjakan dengan panggung musik, serta berbagai hiburan dan penawaran khusus dari booth sponsor Yamaha Cup Race 2018. Di lintasan, balapan dipastikan sangat ketat karena memang mempertemukan pembalap terbaik dari berbagai pulau.

Racer asal Kalimantan, Arianto Tarzan dari Yamaha Akai Jaya STSJ MBKW2 membuktikan ketangguhannya. Ia sukses mengawinkan dua gelar juara umum kelas YCR1 (150 cc) dan YCR2 (125 CC).

Tarzan, sapaan akrabnya berjuang keras untuk mengalahkan para petarung lainnya seperti Hendra Rusadi (Jawa), Doohan Akbaruzaman (Sumatera), Iksan Lala (Sulawesi) dan lainnya. "Alhamdullillah, saya dapat merebut juara umum YCR1 dan YCR2. Terima kasih untuk Yamaha Indonesia, tim dan sponsor saya. Prestasi ini menjadi semangat saya dalam kompetisi tahun 2019 nanti," tutur Arianto Tarzan seperti dikutip pada siaran pers yang dterima Solopos.com.

Balapan Yamaha Cup Race 2018 di di Sirkuit Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (2/12/2018). (Istimewa)

Ajang balapan Yamaha Cup Race 2018 itu juga diwarnai kejutan prestasi dari tim privateer Yamaha SIS Motor BKMS Semoga Abadi yang meraih juara umum kelas pemula A YCR3 (150 cc) lewat Aldias Aqsal Ismaya dan YCR4 (125 cc) melalui Galang Tor-Tor dari tim Serba Prima Yamaha Semoga Abadi.

Kedua pembalap tersebut memang termotivasi untuk mengalahkan racer-racer tim pabrikan. Catatan penting, bahwa Galang Tor-Tor adalah juara nasional pemula MP3 (150 cc) dalam Grand Final Motoprix 2018 Surabaya.

Pada bagian lain, di kelas pemula B, rider muda usia 13 tahun, Aldy Satya Mahendra dari Yamaha GHP, meraih gelar juara YCR5 (150 cc). Sedangkan gelar juara kelas YCR6 (125 cc) diraih dan M Andrias Lukito dari Yamaha Aditama. Mereka merupakan pembalap-pembalap yang masih muda dan pastinya musim depan akan terus mengukir prestasi di balapan level nasional.

Kemeriahan juga begitu terasa pada kategori Yamaha Aerox 155 Cup Community. Balapan tersebut khusus dipersembahkan untuk komunitas. Pabrikan Yamaha menyiapkan langsung unit motor yang dipakai.

Ke-15 starter yang terpilih sangat menikmati pengalaman pertama mereka berkompetisi di lintasan permanen. Podium pertama untuk kategori Yamaha Aerox 155 Cup Community diraih Gunawan, pembalap Komunitas Sleman Sembada King Community (SSKC).

"Persaingan cukup seru, meskipun motornya dalam kondisi standart namun motor Aerox 155 ini punya handling yang baik dan akselerasi keluar tikungan begitu cepat. Balapan ini saya sangat terbantu dengan adanya coaching clinic oleh Wilman Hammar. Ilmu dari dia sangat membantu sekali terutama soal racing line," ujar Gunawan.

Pemberian penghargaan Yamaha Cup Race 2018. (Istimewa)

Pada saat pemberian penghargaan, selain pada juara umum YCR1 hingga YCR6, juga diberikan penghargaan untuk tim konstruktor terbaik. Penghargaan untuk tim konstruktor itu diambil dari akumulasi poin dari kategori seeded (YCR1-YCR2), kemudian pemula A (YCR3-YCR4) dan pemula B (YCR5-YCR6). Tim Yamaha Akai Jaya STSJ, Semoga Abadi, dan NHRT MKO Racing menjadi pemenang untuk tim konstruktor terbaik.

GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin mengungkapkan Yamaha Indonesia sudah memasuki tahun ke-29 dalam penyelenggaraan kompetisi balap nasional tersebut. Ia sangat memngapresiasi seluruh pihak yang terlibat di balapan tersebut.

"Tahun depan kita akan memasuki usia 30 tahun Yamaha Cup Race 2018. Terima kasih saya ucapkan kepada para sponsor yang terlibat. Untuk pembalap, saya berharap untuk terus berlatih secara intens dan disiplin agar dapat berprestasi di level-level selanjutnya," M Abidin saat memberikan sambutan dalam acara Galadinner penyerahan penghargaan bagi para rider yang memenangkan seri Yamaha Cup Race 2018.

Yamaha Cup Race 2018 di Semarang sukses terselenggara berkat dukungan dari beberapa sponsor. Yamalube, Idemitsu, Pirelli, Kayaba, NGK, DID, IRC dan supporting Pertamax Turbo, serta Helm NHK merupakan pihak yang turut mendukung balapan sepeda motor tersebut.