SOLOPOS.COM - Honda Mobilio jadi armada taksi Blue Bird. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO – Berikut ini 10 mobil irit bahan bakar minyak atau BBM. Meski irit, tetapi tetap oke untuk dijadikan sarana transportasi sendiri atau bersama keluarga.

Irit bahan bakar minyak atau BBM adalah salah satu pertimbangan masyarakat saat akan membeli mobil. Dengan begitu, uang untuk BBM bisa dihemat dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berikut ini 10 mobil irit BBM, dikutip dari Lifepal.

 

1. Toyota Avanza

Bisa dibilang Toyota Avanza adalah mobil sejuta umat. Hal ini karena rata-rata orang memilih membeli mobil ini. Tak heran sebab Toyota Avanza memiliki harga yang terjangkau dan juga irit bensin.

Hal ini karena penggunaan mesin Toyota Avanza yakni dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i sehingga bisa menjaga konsumsi bensin tetap irit. Diketahui konsumsi BBM untuk mobil Toyota Avanza adalah 12,5-14 km per liternya.

 

2. Daihatsu Xenia

Selain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga dikenal sebagai mobil sejuta umat. Tak mengherankan karena mobil ini cukup terjangkau. Bahkan Xenia bekas menjadi salah satu mobil Rp60 jutaan dan juga bahan bakarnya pun irit.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin 2NR-VE 1,5L yang dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i, sehingga membuatnya lebih irit bahan bakar. Angka konsumsi BBM mobil Daihatsu Xenia adalah sebesar 10-13 km per liternya. Sehingga sangat cocok digunakan untuk bepergian jarak jauh karena termasuk irit bensin.

Apabila kamu mengendarai Daihatsu Xenia dalam kecepatan yang stabil, maka akan lebih irit lagi dengan angka konsumsi mencapai 16 km per liter

 

3. Honda Mobilio

Salah satu rekomendasi mobil irit BBM ini juga memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Hal ini karena Honda Mobilio dilengkapi dengan mesin 1500 cc dan juga teknologi i-VTEC. Angka konsumsi Honda Mobilio sendiri yakni mencapai 17 km per liternya. Tak heran apabila mobil ini sering digunakan untuk taksi online.

Untuk penggunaan mobil Honda Mobilio di jalanan yang stabil dan bebas hambatan disertai dengan mode ECO driving, angka konsumsi BBM bahkan bisa mencapai 22,8-28 km per liternya.

 

4. KIA Picanto

Kia Picanto adalah salah satu jenis city car yang terkenal karena irit bensin dengan kapasitas 1.200 cc. Mobil ini sudah dilengkapi dengan mesin dan transmisi yang canggih, sehingga lebih optimal dan mampu menghemat konsumsi bensin. Diketahui angka konsumsi bensin untuk mobil KIA Picanto adalah sebesar 19 km per liternya.

 

5. Suzuki Ertiga

Mobil Suzuki Ertiga memiliki mesin 1.462 cc dengan 4 silinder, DOHC, dan VVT yang membuat konsumsi bensinnya lebih irit. Dalam beberapa pengujian, tercatat apabila mobil Ertiga memiliki angka konsumsi hingga 23 km per liternya apabila digunakan di jalanan yang stabil dan bebas hambatan.

Apabila kamu mengaktifkan ECO driving, maka konsumsinya pun akan lebih irit lagi yakni 30 km per liternya. Selain irit bahan bakar, harga mobil Ertiga pun terbilang bersaing dan juga memiliki suspensi yang mulus dan nyaman.

 

6. Honda Brio

Honda Brio juga menjadi salah satu mobil favorit. Selain termasuk salah satu mobil termurah di Indonesia, mobil city car ini juga irit bensin. Untuk rute di dalam kota dengan jalanan yang mulus, angka konsumsi mobil Honda Brio ini bisa mencapai 20-30,1 km per liternya.

Untuk kamu yang mencari mobil city car yang nyaman, tidak terlalu besar, dan juga irit, Honda Brio bisa menjadi bahan pertimbangan. Cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jadwal yang padat di ibukota.

 

7. Toyota Agya

Toyota Agya juga bisa disebut sebagai salah satu mobil hemat bensin di Indonesia. Angka konsumsi untuk mobil ini mencapai 19,5 km per liternya. Sebab mobil Toyota Agya sudah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i, sehingga konsumsi bahan bakarnya pun jadi lebih hemat.

Selain itu, mobil Toyota Agya juga sudah dilengkapi dengan fitur ECO driving, sehingga bisa memaksimalkan bahan bakar dengan baik dan tidak boros. Agya dan Avanza memang menjadi mobil Toyota yang paling irit bensin, tapi sebenarnya Toyota Rush juga bisa irit bensin selama kamu tahu cara menghemat BBM Toyota Rush.



 

8. Honda Civic

Honda Civic adalah salah satu mobil paling irit BBM  2023 jenis sedan dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Angka konsumsi bahan bakarnya mencapai 17 km per liternya. Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1498 cc dan 4 silinder serta tenaga turbo 173 PS dengan torsi 220 Nm.

Honda Civic juga memiliki kecepatan yang bagus dan tetap irit meskipun tenaga yang dikeluarkan banyak. Mobil ini mampu melaju hingga 200 km per jam. Apabila digunakan untuk pergi ke luar kota di jalanan yang bebas hambatan, angka konsumsi bahan bakarnya mencapai 18-20 km per liternya.

 

9. Mitsubishi Xpander

Mobil Mitsubishi Xpander sudah menggunakan mesin inline 4 dengan kapasitas 1499 cc serta dilengkapi teknolog katup variabeli MIVEC. Dengan teknologi tersebut, mobil ini memiliki konsumsi BBM mencapai 12 km per liternya apabila digunakan di dalam kota.

Apabila kamu menggunakan mobil ini untuk ke luar kota, angka konsumsi BBM mencapai 19,8 km per liter dengan kecepatan konstan. Pastikan kamu menggunakan ECO driving agar lebih irit BBM, ya.

 

10. Daihatsu Ayla

Mobil LCGC ini juga termasuk salah satu mobil yang paling irit BBM di Indonesia. Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 998 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal. Angka konsumsi mobil Daihatsu Ayla mencapai 18-20 km per liternya bergantung pada kondisi jalan yang dilalui.

 

Demikian 10 mobil irit BBM yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih kendaraan yang tidak boros.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya