SOLOPOS.COM - Interior Wuling Cortez 2022 (Wuling.id)

Solopos.com, SOLO – Mobil dengan bukaan di atap atau sunroof digemari para pencintanya. Sebab di siang hari, sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam kabin. Sementara itu, di malam hari, suasana di dalam mobil juga menjadi lebih cerah karena sinar bulan dan lampu-lampu jalan bisa menerangi.

Berikut ini beberapa mobil yang dilengkapi dengan sunroof. Tapi sebelumnya, kenali dulu istilah dan dan perbedaan bukaan cahaya pada atap mobil ini.

Promosi Persib Bandung, Timnas Indonesia dan Percaya Proses

Jenis-jenis Sunroof pada Mobil

Berikut ini merupakan jenis-jenis sunroof pada mobil yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan, dikutip dari Lifepal:

  1. Moonroof

Model mobil moonroof tidak jauh berbeda dengan sunroof, namun metode pembukaannya yakni ke bagian dalam atap mobil.  Berbeda dengan sunroof yang metode pembukaannya ke bagian atas atap mobil.

Mobil moonroof kini sudah jarang ditemui di Indonesia. Namun, jika kamu ingin membelinya, mungkin kamu bisa mencari mobil bekas.

  1. Panoramic roof

Panoramic roof adalah model sunroof yang memiliki kaca yang lebih besar dibandingkan model sunroof biasa. Sesuai namanya, panoramic roof akan memberikan pengalaman lebih menyenangkan bagi pengendara untuk melihat pemandangan yang lebih luas dari atap mobil.

Jika sedang mencari mobil yang ada atapnya, kamu bisa membeli mobil dengan panoramic roof yang berukuran besar. Jika kamu dan keluarga menyukai berpetualang di alam bebas, kamu bisa menggunakan mobil dengan panoramic roof.

Jenis panoramic roof juga kini berkembang lagi menjadi panoramic sunroof dan panoramic moonroof, ini perbedaannya:

  • Panoramic sunroof: bagian panel kacanya bisa dibuka dengan slide out ke atas atap mobil.
  • Panoramic moonroof: Bagian panel kacanya bisa dibuka dengan slide in ke dalam atap mobil.
  1. Pop-Out Sunroof

Pop-Out Sunroof merupakan salah satu jenis mobil yang atapnya bisa dibuka dan ditutup, yakni panel kacanya hanya bisa dibuka di bagian satu sisi saja dan juga miring. Jenis sunroof ini biasanya ada pada mobil seperti Toyota Alphard.

Berikut ini ada beberapa merk mobil yang memiliki sunroof dengan harga di kisaran Rp300 jutaan.

Pilihan Mobil Sunroof

  1. KIA Picanto GT 1.2L

KIA Picanto cocok untuk kamu yang mencari city car bergaya sporty dan punya fitur komplet. Fitur sunroof merupakan salah satu keunggulannya yang menambah kesan mewah. Mengadopsi penerangan full LED, Kia Picanto juga dilengkapi dengan pelipatan otomatis pada kaca spion samping dan teknologi pemanas agar tidak berembun.

Varian GT Line, dibanderol dengan harga Rp221,8 juta untuk transmisi manual dan Rp236,7 juta untuk transmisi otomatis.

  1. Honda HR-V 1.8 Prestige

Honda HR-V 1.8 Prestige mengusung mesin 1.8 Liter (1.799cc) yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi menembus 169 Nm pada 4.300 rpm.

Mobil sunroof murah ini juga dilengkapi sistem keamanan dan keselamatan terbaik dikelasnya. Semua fitur tersebut berpadu dengan desain sporty yang dilengkapi headlamp LED dan DRL LED.

Selain itu, tersedia pula fog lamp dan shark fin antenna. Semua fitur tersebut semakin sempurna dengan fitur panoramic sunroof yang dilengkapi sistem otomatis untuk membuka dan menutupnya. Varian Honda HR-V ini dijual dengan harga Rp370 jutaan.

  1. Mitsubishi Outlander Sport PX

Mobil sunroof dari Mitsubishi ini mengusung mesin berkapasitas 1.998 cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 150 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 197 Nm pada 4.200 rpm.

Fitur Panoramic Sunroof-nya membuat tampilan interiornya semakin mewah dan eksteriornya terlihat lebih stylish. Mobil ini dijual dengan kisaran harga Rp370 jutaan.

  1. Hyundai Tucson XG

Fitur Panoramic Sunroof milik Hyundai Tucson XG bisa terbuka secara tilt dan sliding. Panoramic Sunroof tersebut juga sudah electric, sehingga bisa terbuka secara otomatis.

Untuk mesinnya, Hyundai Tucson XG memiliki mesin bertenaga 157 PS pada 6.200 rpm dan bisa meraih torsi puncak sebesar 196 Nm pada 4.000 rpm. Harga Hyundai Tucson XG dibanderol sekitar Rp400 jutaan ini hanya tersedia dalam varian transmisi otomatis 6 percepatan shiftronic.

  1. DFSK Glory 580

Jika kamu menginginkan mobil yang ada sunroofnya, kamu bisa membeli DFSK Glory 580 ini. Glory dilengkapi banyak fitur menarik, yang sebetulnya mayoritas juga ada di SUV lain. Tapi jika melihat harga, value for money Glory terbilang tinggi.

Salah satunya, Glory punya keunggulan dari kapabilitas 7 penumpang dan kabin ekstra lapang. Fitur menarik lainnya, tentu saja selain sunroof, yaitu Vehicle Running Recorder.

Harga DFSK Glory 580 mulai dari Rp245,9 juta sampai termahal Rp308 juta.

  1. KIA Sonet Dynamic

Selain sunroof, kelengkapan istimewa Kia Sonet yaitu smart key remot serta penyejuk udara digital.

Kemudian jok kulit sintetis berventilasi udara, serta sistem pengisian nirkabel untuk gadget kamu. Lalu, USB charger tertanam di bangku pertama dan kedua.



Sonet menggunakan mesin bensin 4-silinder 1,5 liter naturally aspirated. Torsi maksimal tersedia hingga 144 Nm dan tenaganya mencapai 115 PS.

Distribusi tenaga menggunakan opsi transmisi manual 6 percepatan. Atau kamu bisa memilih transmisi berbasis CVT yang diberi nama IVT (Intelligent Variable Transmission) lengkap dengan 8 virtual gear. KIA Sonet Dynamic dijual seharga Rp265 juta

  1. Wulling Cortez CT

Fitur sunroof bisa dibuka otomatis dari luar menggunakan remote kunci. Termasuk juga kaca jendela, bisa difungsikan sebagai cara untuk membuang hawa panas kabin setelah parkir di bawah teriknya matahari.

CT memiliki mesin 4-silinder 1,5 liter DVVT (katup variabel ganda) dengan padanan turbocharger. Daya yang disemburkannya 140 hp pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada rentang 1.600 – 2.600 rpm.

Wuling Cortez CT termasuk mobil yang memiliki sunroof dengan harga bersahabat, sekitar Rp213,8 juta sampai Rp294,8 juta.

  1. MG ZS Ignite

MG ZS adalah produk pertama MG di Indonesia. Tetapi secara global, MG ZS sebenarnya sudah eksis sejak 2001.

Dengan Panoramic Roof seluas 1,19 meter persegi di atap yang akan mengubah suasana di dalam kabin mobil.

  1. Toyota Corolla Cross 1.8 AT

Mobil berkapasitas 5 orang penumpang ini juga masuk dalam jajaran mobil yang dilengkapi sunroof. Meski masuk dalam kategori SUV crossover, mobil yang dibanderol Rp463 juta–Rp535 juta ini tidak terlalu diminati di Indonesia.

  1. Hyundai Creta Prime

Di posisi terakhir dalam kategori mobil sunroof, ada Hyundai Creta Prime yang cocok menjadi pilihan. Mobil SUV mewah berkapasitas 5 orang ini memiliki 8 audio speaker dilengkapi sistem audio BOSE.

Dengan begitu, kamu dapat menikmati pemandangan sambil mendengarkan musik seperti dalam sebuah konser saat berkendara di mobil yang memiliki harga Rp288 juta-Rp404 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya