SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Dalam dunia perbengkelan ada beberapa jenis bengkel, di antaranya bengkel ATPM. Apa itu bengkel ATPM dan apa bedanya dengan bengkel biasa? Simak penjelasannya berikut ini.

Dikutip dari laman Lifepal, bengkel ATPM atau Agen Tunggal Pemegang Merek adalah jenis bengkel resmi yang dioperasikan oleh agen tunggal yang memegang merek kendaraan tertentu. Bengkel ini dikenal juga dengan istilah bengkel authorized.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam industri otomotif, bengkel ATPM berperan sebagai penyedia layanan perbaikan, perawatan, dan servis kendaraan merek yang terkait dengan agen tunggal tersebut.

Kebanyakan perusahaan asuransi menawarkan manfaat perbaikan di bengkel ATPM sebagai manfaat perluasan (rider), meski ada juga yang menjadikannya sebagai manfaat utama.

Dengan manfaat perbaikan kendaraan di bengkel ATPM, pemegang polis asuransi mobil bisa diuntungkan karena bisa melakukan perbaikan di bengkel resmi yang kualitas layanan dan spare part-nya terbaik.

 

Keunggulan bengkel ATPM

Bengkel ATPM memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bengkel umum. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan jasa bengkel ATPM:

 

1. Keahlian dan sertifikasi

Keunggulan pertama dari bengkel ATPM adalah teknisi yang bekerja sudah melalui pelatihan yang ketat dan memiliki sertifikasi resmi dari produsen kendaraan. Mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang merek kendaraan tersebut dan dapat memberikan layanan yang berkualitas tinggi.

Teknisi yang bekerja biasanya juga sudah memiliki spesialisasi tertentu seperti teknisi untuk perbaikan umum,  foreman hingga mereka yang dilatih untuk menjadi service advisor.

Keunggulan lainnya, para teknisi fokus untuk mengerjakan perbaikan dari satu merek saja yakni mobil dari ATPM yang bersangkutan sehingga mereka benar-benar menguasai seluk beluk mobil merek tersebut.

 

2. Jaminan suku cadang asli

Bengkel resmi ATPM sudah pasti menggunakan suku cadang asli atau OEM (Original Equipment Manufacturer) yang sudah direkomendasikan oleh produsen. Penggunaan suku cadang asli ini sangat penting untuk menjaga kualitas dan performa kendaraan kamu, terutama yang berkaitan dengan keselamatan.

Suku cadang asli memiliki kecocokan yang sempurna dengan spesifikasi kendaraan, ini penting untuk meminimalkan risiko kerusakan atau kegagalan. Penggunaan sparepart palsu bisa berakibat fatal dan sangat tidak dianjurkan, terutama pada bagian-bagian yang vital.

 

3. Perangkat dan peralatan terbaru

Bengkel ATPM dilengkapi dengan perangkat dan peralatan terbaru yang sesuai dengan standar produsen. Hal ini memungkinkan teknisi untuk melakukan perbaikan dan perawatan dengan presisi dan efisiensi tinggi.

Bukan hanya perlengkapan dan peralatan, bengkel ATPM juga punya standar bangunan yang ketat, termasuk untuk ruang tunggu. Hal ini guna memastikan keselamatan dan kenyamanan pengguna saat melakukan servis di bengkel ATPM.

 

4. Garansi dan layanan purna jual

Bengkel ATPM memberikan garansi pada pekerjaan perbaikan yang dilakukan. Jika terjadi masalah setelah perbaikan, kamu dapat mengajukan klaim garansi untuk memperoleh layanan yang diperlukan tanpa biaya tambahan. Selain itu, bengkel ATPM juga menyediakan layanan purna jual seperti perawatan rutin, penggantian suku cadang, dan pemeliharaan berkala.

 

Layanan di Bengkel ATPM

Bengkel ATPM menawarkan berbagai jenis layanan servis untuk memastikan kendaraan kamu tetap dalam kondisi prima. Berikut adalah layanan yang tersedia yang biasanya ada di bengkel ATPM.

 

1. Servis rutin berkala

Servis rutin berkala sangat penting untuk menjaga kinerja kendaraan kamu tetap bagus dan semua fitur kendaraan, khususnya yang berhubungan dengan keselamatan bekerja sempurna. Servis ini termasuk pemeriksaan menyeluruh oleh teknisi berpengalaman, penggantian oli mesin, filter udara, dan oli, serta pemeriksaan komponen vital seperti rem, suspensi, dan sistem pengapian.

 



2. Ganti suku cadang

Ada beberapa suku cadang kendaraan yang memang sebaiknya diganti secara berkala seperti oli mobil. Bengkel ATPM juga menyediakan layanan penggantian suku cadang asli dari brand kendaraanmu. Layanan ini mencakup penggantian komponen penting seperti kopling, rem, dan sistem distribusi daya.

 

3. Servis perbaikan umum

Jika kendaraan kamu mengalami masalah mekanis atau elektrik, teknisi di bengkel ATPM siap memberikan layanan perbaikan umum. Mereka memiliki peralatan canggih dan pemahaman mendalam tentang kendaraan Mitsubishi untuk penanganan yang cepat dan akurat.

 

4. Servis perbaikan khusus

Untuk kendaraan terbaru yang dilengkapi fitur canggih seperti sistem hiburan dan navigasi, bengkel resmi menawarkan perawatan khusus. Ini termasuk pemeliharaan perangkat lunak dan pembaruan peta navigasi.

 

5. Layanan garansi

Bagi kendaraan yang masih dalam periode garansi, servis di bengkel resmi Mitsubishi memastikan garansi kamu tetap berlaku, memberikan ketenangan pikiran dari biaya perbaikan yang tidak terduga.

 

6. Layanan darurat

Bengkel ATPM menyediakan layanan darurat, termasuk layanan derek, penggantian ban, atau perbaikan darurat di lokasi, untuk memastikan kamu dapat melanjutkan perjalanan kamu dengan aman. Layanan ini umumnya tersedia di bengkel ATPM untuk memastikan pemilik kendaraan bisa dilayani saat kondisi darurat seperti kecelakaan, mobil mogok dan sebagainya.

 

Demikian info tentang apa itu bengkel ATPM yang patut kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya