SOLOPOS.COM - Honda Stylo 160. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Berapa sih tinggi jok sepeda motor matik Honda Stylo 160? Apakah saat duduk, posisi kaki kita harus jinjit untuk menapak ke tanah? Simak penjelasan tentang tinggi Honda Stylo 169 serta ketahui juga posisi duduk yang benar saat berkendara.

Salah satu kendaraan yang saat ini sedang digemari adalah jenis matik. Selain harga lebih terjangkau, ukuran motor yang kompak dan ringan memudahkannya melintas di jalan-jalan di Indonesia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Konsumsi bahan bakar motor juga jauh lebih hemat dibanding mobil sehingga sangat cocok dengan kondisi ekonomi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kemudahan bermanuver motor bisa melintas hampir ke segala tempat dan mudah berputar arah dibanding mobil.

Sementara itu, saat kita akan membeli sepeda motor, postur tubuh pengendara menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Ukuran motor yang nyaman dan proporsional untuk postur tinggi badan pengendara akan membuat kemampuan mengontrol motor akan lebih maksimal. Sekedar informasi bahwa negara Indonesia masuk daftar 10 Negara tubuh terpendek di dunia, berdasarkan data World Population Review (WPR).

Indonesia berada di urutan keempat negara dengan penduduk terpendek di dunia. Penduduk Indonesia dinilai memiliki tinggi rata-rata 166 cm bagi laki-laki dan 154 cm bagi perempuan.

Berikut tinggi tempat duduk motor matik memiliki pengaruh terhadap pengendalian:

  1. Posisi duduk yang nyaman memungkinkan pengendara untuk mengendalikan motor dengan lebih baik dan konsentrasi mengemudi lebih terjaga.
  2. Ketinggian tempat duduk berpengaruh terhadap posisi ergonomis (ergonomi berfokus pada penyesuaian penggunaan alat atau benda agar dapat digunakan dengan nyaman dan optimal oleh penggunanya dengan memperhatikan aspek-aspek manusia sebagai pengguna) dan dapat secara langsung berpengaruh terhadap keseimbangan dan stabilitas tubuh pengendara saat menikung atau melintasi jalan tidak rata
  3. Ketinggian tempat duduk mempengaruhi jarak jangkauan kaki pengendara terutama kenyamanan pijakan kaki saat menapak ke permukaan yang tidak rata atau licin.

Senior Instructor Safety Riding Astra Motor Jateng Oke Desiyanto menyampaikan bahwa Honda Stylo 160 memiliki ketinggian tempat duduk 768 mm dari permukaan tanah, paling rendah di antara motor di kelasnya yang berdesain klasik retro. Dengan ketinggian tersebut, saat duduk di Honda Stylo 160 kaki tak perlu jinjit untuk menapak ke tanah.

PT Astra Honda Motor (AHM) dengan sangat baik mempertimbangkan dan merancang ketinggian jok yang nyaman untuk konsumen di Indonesia. Ketinggian tempat duduk atau jok sangat mempengaruhi sejauh mana kaki pengendara dapat mencapai permukaan tanah. Berpengaruh dengan kestabilan saat berhenti atau berjalan pelan, terlebih jika berada di permukaan yang tidak rata. Faktor ketinggian memiliki pengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan berkendara”, kata Oke dalam siaran resmi Astra Motor Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya