SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Benda-benda yang tidak boleh disimpan di dalam mobil. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Tahukah kamu bahwa tidak semua benda boleh disimpan di dalam mobil. Apalagi jika cuaca sedang panas, bisa jadi benda-benda tersebut meledak dan menyebabkan kebakaran mobil. Berikut ini benda-benda yang tidak boleh disimpan di dalam mobil.

Seringkali kita tidak menyadari potensi bahaya yang mungkin ada dalam mobil kita sendiri. Bahkan saat mobil sedang terparkir, beberapa benda tertentu yang ditinggalkan di dalamnya dapat menjadi ancaman serius.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Benda-benda yang berisiko ketika ada di dalam kendaraan serta beberapa tips untuk menjaga keselamatan saat berkendara, dikutip dari laman Adira.

 

1. Korek api

Korek api mungkin adalah salah satu benda sederhana yang sering kita temui di dalam mobil. Namun, korek api di suhu tinggi dalam kabin mobil dapat membuat korek api mengalami tekanan dan berpotensi meledak.

Korek api dapat menyebabkan kerusakan serius pada mobil hingga mengakibatkan kebakaran. Jadi, pastikan kamu jangan pernah meninggalkan korek api di dalam mobil.

2. Botol minum plastik

Botol minum plastik adalah barang yang sering kita bawa saat berkendara. Namun, botol plastik biasanya mengandung senyawa berbahaya seperti BPA. Saat botol tersebut terpapar suhu panas di dalam mobil, senyawa berbahaya ini dapat larut dalam air minum di dalam botol yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius.

Lebih baik bawa botol minum yang dapat digunakan ulang. Dalam posisi tertentu, botol minum plastik juga dapat bertindak seperti loop atau kaca pembesar yang dapat memfokuskan titik cahaya yang dapat menyebabkan panas dan memicu munculnya api.

3. Makanan

Makanan yang ditinggalkan dalam mobil dapat mengubah kualitasnya. Hal ini dikarenakan perubahan suhu dalam kabin yang meningkat. Selain itu, makanan yang terlalu lama ditinggalkan dalam mobil juga dapat menjadi racun dan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan. Ini juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap di dalam mobil masuknya serangga dari luar mobil.

4. Perangkat elektronik berharga

Perangkat elektronik seperti smartphone (HP), laptop dan powerbank sebaiknya tidak ditinggalkan dalam mobil dalam waktu lama. Baterai dalam perangkat ini dapat meledak dalam suhu tinggi yang dapat menyebabkan kebakaran.

Selain itu, meninggalkan perangkat elektronik di dalam mobil juga dapat membuatnya menjadi target pencurian. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan beberapa bujet diatas agar terhindar dari masalah yang telah disebutkan.

5. Minuman bersoda (berkarbonasi)

Minuman bersoda yang ditinggalkan dalam mobil dapat menjadi potensi ledakan. Suhu yang tinggi dalam kabin mobil dapat menyebabkan tekanan di dalam botol minuman yang dapat mengakibatkan ledakan yang mirip dengan korek api.

Selain itu, jika minuman bersoda tumpah dalam mobil dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dan merusak interior kendaraan.

6. Obat-obatan

kamu, perlu diketahui obat-obatan yang ditinggalkan dalam mobil dapat menjadi berbahaya. Suhu yang berubah-ubah dalam kabin mobil dapat merusak obat-obatan dan mengubah kandungannya. Ini bisa menjadi masalah serius jika kemudian mengkonsumsi obat tersebut.

7. Aerosol spray yang mudah terbakar

Aerosol spray seperti hairspray, deodoran dan parfum memiliki tekanan tinggi di dalam kalengnya. Tekanan ini dapat menyebabkan aerosol meledak jika ditinggalkan dalam mobil yang panas. Hal ini dapat menjadi ancaman serius bagi keselamatan berkendara apalagi dalam jangka waktu yang lama.

8. Peralatan kosmetik

Kosmetik seperti lipstik, bedak, dan crayon yang terbuat dari plastik juga bisa meleleh dalam suhu tinggi di dalam mobil. Selain itu, partikel-partikel dari kosmetik ini dapat mempengaruhi kualitas udara di dalam kabin. Jadi, kamu sebaiknya menghindari serta meninggalkan jenis kosmetik di dalam mobil.

 

Tips Aman Untuk Menghindarinya

Selain menghindari dan meninggalkan barang-barang berbahaya yang ada dalam mobil, ada beberapa tips yang perlu kamu ikuti saat hendak parkir kendaraan, di antaranya:

1. Membawa benda berharga ke luar

Jangan meninggalkan benda berharga di dalam mobil, terutama jika kamu meninggalkan mobil dalam waktu lama. Barang berharga seperti laptop, kamera, smartphone dan barang berharga lainnya sebaiknya selalu dibawa saat hendak meninggalkan kendaraan apalagi dalam jangka waktu lama.

2. Membuka sedikit kaca

Jika kamu parkir di tempat yang panas, pertimbangkan untuk membuka sedikit kaca untuk sirkulasi udara. Namun, pastikan mobil kamu yang diparkir tetap aman dari hujan dan tetap termonitor jika memilih untuk melakukannya.

3. Memakai penghalang kaca depan

Gunakan penghalang kaca depan ketika parkir di bawah sinar matahari terik. Penghalang ini dapat membantu menjaga suhu di dalam mobil agar tidak terlalu panas.

Mengenali beberapa benda yang memiliki potensi bahaya di dalam mobil merupakan langkah pertama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan pemahaman terhadap potensi bahaya yang mungkin ada di dalam mobil dan mengikuti tips keselamatan yang telah diberikan, kamu dapat meningkatkan keselamatan dan menjaga kendaraan agar tetap aman.

Ingatlah selalu untuk selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara serta jagalah mobil dari potensi bahaya. Keselamatan adalah yang utama, dengan langkah-langkah yang benar kamu dapat menjaga diri sendiri dan orang lain tetap aman di jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya