SOLOPOS.COM - Speedometer motor sebelum dan sesudah dihilangkan retak rambut pada mikanya. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO – Cara menghilangkan retak rambut pada kaca atau mika speedometer motor ternyata sangat mudah. Cukup mengolesinya dengan bahan ini, maka retak rambut akan lenyap.

Panel speedometer pada sepeda motor biasanya ditutup dengan bahan seperti mika bening. Pada saat motor masih baru, permukaan mika ini sangatlah jernih. Panel-panel di dalam speedometer seperti jarum dan strip-strip penanda kecepatan kendaraan pun terlihat jelas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun lama-kelamaan, mika tersebut akan terlihat kusam. Bahkan beberapa di antaranya muncul retak rambut. Selain karena faktor umur kendaraan, retak rambut juga bisa disebabkan karena motor terlalu sering dan lama terpapar sinar matahari langsung.

Kondisi ini speedometer yang kusam dan terdapat retak rambut ini tentu membuat kita merasa tidak nyaman. Selain tidak lagi terlihat indah, speedometer juga menjadi sulit dilihat.

Tapi untuk menghilangkan atau mengurangi retak rambut ini, ada cara mudah dan praktis di rumah. Bahannya pun mudah kamu temui di rumah.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan agar mika speedometer motor bersih lagi bebas retak rambut,

Dikutip dari laman astra-honda.com, untuk menjaga mika speedometer motor agar tetap terlihat bersih bisa menggunakan oli mesin baru dan lap bersih atau tisu.

Caranya, oleskan oli mesin ke kaca atau mika penutup speedometer secara merata, lalu biarkan minimal 30 menit. Agar tangan tidak kotor, saat mengoles bisa menggunakan kuas cat ukuran kecil atau sikat gigi.

Setelah itu, keringkan dan bersihkan menggunakan lap yang bersih atau bisa menggunakan tisu. Teknik cara menggosok yang benar adalah dengan gerakan memutar dan sedikit ditekan. Ulangi tahap ini beberapa kali jika dibutuhkan.

Agar hasilnya maksimal, kamu bisa mengulangi cara ini setiap 3 kali sepekan. Dijamin speedometer motor kalian yang semula buram bisa kembali kinclong seperti baru lagi.

Jika ingin hasil yang lebih maksimal lagi, bisa ditambahkan pasta gigi atau odol. Menggunakan pasta gigi, maka tampilannya akan semakin bersih sehingga mudah dilihat. Tapi dilakukan setelah bersih-bersih dengan menggunakan oli selesai, bukan secara berbarengan atau dicampur, jadi dengan pasta gigi sebagai finishing. Caranya sama, dengan gerakan memutar sedikit ditekan.

Nah, jika tidak ingin mika speedometer buram atau retak lagi, kalian bisa menambahkan lapisan anti gores atau bisa disebut lapisan film. Sama layaknya lapisan anti gores pada layar smartphone, lapisan film ini mampu melindungi speedometer dengan baik, dari kemungkinan terjadinya goresan. Lapisan film ini biasanya juga tahan terhadap sinar UV (sinar matahari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya