SOLOPOS.COM - Perawatan mesin mobil secara rutin sangat penting agar performa kendaraan optimal. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Macet di setiap ruas tol atau jalan utama adalah salah satu masalah umum bagi pemudik menggunakan mobil, khususnya pada periode libur Lebaran. Penyebab kemacetan saat libur Lebaran bermacam-macam, mulai dari jumlah pemudik yang melonjak, aturan ruas buka-tutup jalan, hingga kendala mogok atau bermasalah di tengah jalan.

Selain menguras waktu dan tenaga, kondisi tersebut juga dapat berpengaruh pada performa kendaraan, yaitu mobil lebih cepat panas dan konsumsi bahan bakar terkuras lebih tinggi. Oleh karena itu, kondisi mobil yang prima sangat dibutuhkan.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Berikut 7 tips perawatan mobil untuk mudik supaya perjalanan lebih aman, nyaman, dan menyenangkan, seperti dibagikan Daihatsu:

1. Ganti Oli Mobil.

Sebagai pelumas penting komponen dalam mesin, periksa dan ganti oli mesin bila diperlukan sebelum pergi mudik, mulai dari oli mesin, oli gardan, oli rem, oli power steering, dan lain-lain. Pastikan pilih oli terbaik sesuai dengan spesifikasi mesin.

2. Cek Kondisi Ban.

Sebagai penggerak utama mobil, kondisi ban wajib diperhatikan secara berkala. Selain mengukur tekanan ban, spooring dan balancing sangat penting dilakukan untuk menyeimbangkan kembali sudut-sudut roda supaya bisa berputar dengan seimbang. Terlebih, komponen penting ini memiliki peran besar dalam keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

3. Periksa Komponen Rem

Pastikan rem dalam keadaan baik, mulai dari kualitas minyak (oli) rem, kondisi kampas rem, dan piston rem.

4. Ganti Air Radiator

Air radiator meredam panas pada dinding silinder ketika terjadi pembakaran dari kerja mesin. Oleh karena itu, mobil berkompresi tinggi dihimbau untuk menggunakan air radiator khusus agar kinerja pendingin mesin lebih optimal dan mampu mencegah karat pada sela mesin.

5. Periksa Aki dan Sistem Kelistrikan Mobil.

Aki mobil adalah sumber daya utama kelistrikan pada mobil. Aki yang bagus akan menjaga kinerja lampu, audio, dan mesin berjalan dengan optimal.Sebaliknya, aki yang jarang dirawat atau bahkan tidak pernah dicek dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan kinerja yang kurang maksimal atau mogok pada saat kendaraan akan digunakan.

6. Lampu dan Wiper.

Komponen ini dapat dirawat melalui servis rutin sebelum mudik. Jika karet wiper fungsinya tidak bekerja dengan baik, segera lakukan ganti dengan yang baru agar dapat menyapu air dengan baik dan menjaga visibilitas ketika berkendara dalam kondisi hujan.

7. Filter Pendingin dan AC.

Mobil dengan suhu yang dingin dan sejuk memberikan kenyamanan selama perjalanan. Lakukan pengecekan filter pendingin pada AC, termasuk pembersihan kondensor dan evaporator agar kinerja AC tetap optimal.

Demikian tips servis mobil untuk mudik sangat berguna agar aktivitas sehari-hari dan perjalanan libur mudik lebaran tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.

Pelanggan juga dapat memastikan kendaraannya agar selalu dalam kondisi prima dengan melakukan servis rutin atau perawatan khusus di bengkel resmi Daihatsu terdekat atau dapat melalui website www.astra-daihatsu.id dan aplikasi mobile DaihatsuKu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang servis mobil Daihatsu, dapat dilihat pada tautan berikut https://www.astra-daihatsu.id/services-daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya