SOLOPOS.COM - Sirkuit RC Mandalika di Dusun Gondang, Desa Jirapan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SRAGEN – Jika kamu mencari alamat sirkuit balap otomotif kebanggaan Indonesia di Google Maps dengan kata kunci “Sirkuit Mandalika” jangan kaget jika kamu direkomendasikan ke daerah Sragen, Jawa Tengah.

Bukannya diarahkan ke daerah di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merupakan sirkuit balapan MotoGP, dengan kata kunci Sirkuit Mandalika itu kamu akan diarahkan ke sebuah sebuah lokasi di Dusun Gondang, Desa Jirapan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Sedangkan jika lokasi yang kamu cari adalah sirkuit balapan otomotif berskala internasional kebanggan Indonesia itu namanya adalah Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika yang berlokasi di Lombok, NTB.

Kedua nama ini memang mirip karena sama-sama menggunakan kata “Sirkuit” dan “Mandalika”. Tapi sebenarnya kedua tempat ini sangat jauh berbeda.

Pertama, lokasi Sirkuit Mandalika dengan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika tersebut terpisah oleh jarak sekitar 800 kilometer. Kedua, Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika merupakan arena balapan untuk otomotif, baik mobil maupun motor.

Lalu apa sebenarnya Sirkuit Mandalika di Sragen ini? Solopos.com mencoba menelusuri lokasi tersebut, Rabu (15/11/2023).

Sesuai petunjuk dari Google Maps, lokasi Sirkuit Mandalika di Sragen ini berjarak sekitar 23 km ke arah timur laut dari Kota Solo, Jawa Tengah. Seperti namanya, di lokasi tersebut juga terdapat sirkuit balap. Tapi bukan sirkuit mobil atau motor, melainkan sirkuit mobil remote control atau RC. Di lokasi tersebut juga terdapat lintasan untuk mobil-mobil RC yang mengular pada lahan seluas sekitar 400 meter persegi.

Sirkuit Mandalika Sragen ini juga sering dijadikan ajang balapan untuk mobil-mobil replika tersebut, utamanya rally. Pesertanya adalah anggota komunitas RC di wilayah Soloraya, atau peserta dari daerah lain saat ada event (fun race) khusus.

Pengelola Sirkuit Mandalika Sragen, Lulut Aditya Setiawan, mengatakan penamaan Sirkuit Mandalika untuk arena mobil RC tersebut memang bukan kebetulan. Ia sengaja menamai arena itu dengan Sirkuit Mandalika untuk memudahkan penyebutan dan memudahkan ingatan. “Biar gampang saja disebutnya. Sedangkan nama lokasi sebenarnya adalah Mandalika RC Circuit atau MRC,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di lokasi.

Ia menambahkan, Sirkuit Mandalika Sragen yang berada di tengah perkampungan ini baru dinamani pada 2022, meskipun arenanya dibangun setahun sebelumnya. “Sirkuit ini dinamai Sirkuit Mandalika sekitar setahun yang lalu. Tapi kalau arenanya sudah ada dua tahun yang lalu,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa Sirkuit Mandalika Sragen ini merupakan salah satu dari 4 sirkuit RC lain di wilayah Soloraya, termasuk di Solo dan Sukoharjo. Para pehobi biasanya mengadakan fun game tempat-tempat tersebut secara bergantian.

Menurutnya, saat ini ada puluhan pehobi RC di wilayah Soloraya yang masih aktif main bareng, baik pehobi RC jenis engine maupun rally. “Mainnya pindah-pindah, kadang di sini kadang di Solo. Kalau ada event di luar kota juga kadang kita datangi bareng-bareng,” ujar Lulut.

Di Sirkuit Mandalika Sragen ini, Lulut biasanya mengubah lintasan untuk tiap event berbeda. Tujuannya agar peserta tidak bosan dengan track yang itu-itu saja.

Sementara itu, ia berharap sirkuit RC bisa menjadi wadah bagi pehobi lama dan menambah pehobi baru yang ingin bermain bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya