SOLOPOS.COM - Pengemudi mengisi daya taksi listrik Bluebird di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Senin (22/4/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Solopos.com, JAKARTA-Perusahaan taksi biru PT Blue Bird Tbk (BIRD) bakal melelang sekitar 30 unit kendaraan listrik miliknya kira-kira pada Mei-Juni 2024. Di antaranya adalah Tesla yang sudah beroperasi lima tahun sejak 2019.

Direktur Utama Blue Bird, Andrianto Djokosoetono, mengatakan sekitar 25 sampai 30 unit kendaraan listrik yang akan dilepas pada 2024 tersebut merupakan bekas unit taksi yang sebelumnya telah digunakan.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

“Unit pertama kita ada 25 unit mungkin [sampai] 30 unit lah tahun depan kita mulai jual kira-kira bulan Mei dan Juni [tahun depan] ya,” ujar Andre di Jakarta, Selasa (8/8/2023). Berdasarkan catatan Bisnis.com pada 28 April 2023, Blue Bird memiliki 125 unit mobil listrik, yang terdiri atas BYD sebanyak 75 unit, Hyundai Ioniq 5 sebanyak 50 unit, serta 5 unit kendaraan listrik Tesla.

Jumlah kendaraan listrik itu pun sudah bertambah hingga 195 unit sampai awal Agustus 2023. Blue Bird juga berencana untuk menambah hingga 500 kendaraan listrik sampai dengan akhir 2023 “Kami sebenarnya baru mau lepas untuk yang eks taksi itu mulai tahun depan,” tuturnya.

Blue Bird memiliki standar operasional untuk melakukan penjualan armada taksi termasuk kendaraan listrik yang usianya sudah mendekati lima tahun. Adapun mobil listrik Tesla yang dimiliki BIRD telah dioperasikan sejak 2019.

Wakil Direktur Teknik dan Pemeliharaan Blue Bird Astu Rahino Adi sebelumnya mengatakan kendaraan listrik dengan umur melebihi empat hingga lima tahun memiliki biaya perawatan yang lebih mahal. Biaya perawatan yang dibutuhkan pada tahun pertama pun berkisar Rp150.000 sampai Rp200.000 per bulannya. Namun, memasuki tahun keempat dan kelima, biaya perawatan akan membengkak hingga 10 sampai 15 kali lipat.

Mahalnya biaya perawatan mayoritas disebabkan oleh penggantian sel dalam baterai. Hal tersebut karena produsen kendaraan umumnya hanya memberi garansi penggantian sel berdasarkan jarak tempuh kendaraan tersebut. “Kalau di awal-awal, penggantian baterai itu digaransi. Tetapi, kalau kilometernya sudah melewati garansi, kita harus beli sendiri,” ujar Astu.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Siap-siap! Tesla Eks Blue Bird (BIRD) Bakal Dilelang”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya