SOLOPOS.COM - New Honda Beat Deluxe Green. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Mau beli motor matic dan ingin tahu merek/jenis apa yang paling irit 2023? Simak ulasan berikut ini.

Motor matic menjadi tipe yang paling digemari masyarakat saat ini. Dari segi pengendalian, motor matic lebih mudah karena mengandalkan gas dan rem saat melaju, tak perlu oper-oper gigi atau tarik-tarik tuas kopling seperti pada motor jenis lainnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain itu bentuk skuter juga dirasa nyaman untuk kalangan laki-laki maupun perempuan. Kaki dapat berpijak lebih leluasa di lantai ketimbang nangkring di footstep. Dan masih banyak kelebihan-kelebihan lain yang ada pada motor matic ini.

Pada awalnya, motor matic dikenal sebagai motor yang boros BBM. Namun seiring perkembangan teknologi, konsumsi bahan bakar bisa ditekan sehingga kini motor matic pun jadi lebih irit BBM.

Nah, di antara motor-motor matic yang irit tersebut, ada yang paling irit. Berikut ini motor matic paling irit, dikutip dari blog.ibid.astra.co.id.

 

All New Honda BeAT 2023

All New Honda BeAT 2023 didapuk sebagai motor matic paling irit tahun 2023. Diluncurkan sejak tahun 2008, Honda BeAT memang jadi pelopor motor matic berkapasitas kecil yang menjadikannya digandrungi pecinta otomotif.

Pada Januari 2022, Astra-Honda Motor merilis seri terbaru dari Honda BeAT dengan pilihan mesin baru, yaitu eSP 4 langkah berkapasitas 110 cc. Melalui pengujian metode ECE R40 dengan Idling Stop System aktif, All new Honda BeAT mengonsumsi BBM hingga 60,6 km/liter.

Namun di lapangan, dengan rute kombinasi perkotaan dengan kecepatan konstan dan Idling Stop System aktif, hasil konsumsi BBM menunjukkan angka yang berbeda-beda. Teriritnya, All New Honda BeAT bisa menghabiskan sekitar 62 km/liter dengan yang paling boros mencapai 56 km/liter.

 

Honda Vario 125 2023

All New Honda Vario 125 memang jadi motor yang pantang kamu lewatkan di jalan-jalan ibu kota. Bentuknya yang compact membuat motor ini diminati oleh banyak orang. Berbekal kapasitas mesin 125 cc 1 silinder, All new Honda Vario juga dikenal sebagai motor matic paling irit di tahun 2023.

Melalui pengetesan lab ECE R40 dengan sistem Idle Stop System menyala dan pengisian full to full, motor dengan tenaga 11,1 PS pada 8.500 rpm ini mampu menghabiskan bahan bakar 50,2 km/liter. Jika ditarik garis lurus, jarak ini seperti dari Jakarta ke Cibinong.

Namun, pengetesan itu tidaklah mutlak. Pada rute sebenarnya dan kecepatan konstan, hasil yang didapat bisa berada di bawah atau di atas, tergantung bagaimana cara kamu memperlakukan motor matic ini.

 

Yamaha Fino 125 Blue Core

motor yang mirip Vespa
Yamaha Fino (Yamaha)

Dengan mesin berkapasitas 125 cc, Yamaha Fino 125 hadir sebagai salah satu motor matic paling irit di tahun 2023. Untuk seukuran merek dengan tiga garpu tala ini, skutik ini memiliki torsi 9,6 nm dalam rentang 5.500 rpm

Motor skutik bergaya retro-modern ini mampu melaju membawa bahan bakar hingga 47,6 km/liter. Dari segi keamanan, motor ini juga sudah dilengkapi dengan LED headlight, Advance Key System, hingga ban tubeless tapak lebar yang membuat berkendara jadi lebih nyaman.

 

All New Honda Vario 160

Semenjak perilisannya, motor dengan bobot maksimal 115 kg ini menjadi motor yang cukup laris di pasaran. Bukan hanya ‘kegantengan’-nya, motor dengan mesin PGM-Fi berkapasitas 156,9 cc ini juga dikenal irit.

All New Honda Vario 160 mampu melibas jalanan dengan menghabiskan bahan bakar hingga 48,6 km/liter. Angka yang cukup irit untuk motor skutik bongsor. Bukan hanya itu, motor skutik keluaran Astra-Honda Motor ini juga memiliki port charger USB, Smart Key System, dan bagasi luas mencapai 18 liter.

 

All New Honda Scoopy 2023

Jika melihat daftar motor matic paling irit di tahun 2023, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas Honda Scoopy. Dikenal sebagai motor skutik berkonsep retro, Scoopy memang memiliki kesan yang manis namun juga compact.

Berbekal mesin baru, All New Honda Scoopy mampu menahan daya hingga 9,4 nm pada rentang 6.000 rpm dan mampu menahan bahan bakar hingga 59 km/liter. Selain dikenal irit, Honda Scoopy juga memiliki kapasitas bagasi 15 liter, ban 12 inchi, dan LED projector headlamp.

 

Honda Genio 2023

Seperti kakak-adik, Genio dan Scoopy memiliki bahasa desain yang sama, bahkan mirip. Keduanya sama-sama mengusung konsep skutik dengan sentuhan retro-modern.

Namun bagaimana dengan daya konsumsi bahan bakarnya? Di atas kertas, Honda Genio termasuk motor matic paling irit di tahun 2023, yaitu hampir menyentuh angka 60 km/liter. Selain irit, skutik ini juga dilengkapi LED headlamp, USB Power Charger, dan panel meter digital dengan eco indicator.

 

Yamaha Fazzio Hybrid

Mengusung nama Hybrid, Yamaha Fazzio Hybrid diklaim sebagai motor skutik paling irit di tahun 2023. Motor keluaran Yamaha ini mampu menghabiskan bahan bakar hingga 51 km/liter.

Memiliki kapasitas mesin 125 cc, Fazzio memiliki torsi 10 Nm pada rentang putaran 4.500 rpm. Di samping itu, motor keluaran terbaru ini memiliki beberapa fitur menarik, mulai dari smart key, smart motor generator, hingga Y-Connect.

 

Yamaha FreeGo 125 Connected

Sebagai salah satu skutik unggulan dari Yamaha, FreeGo menawarkan tingkat efisiensi BBM yang sangat irit. Dilengkapi dengan fitur Stop & Start System (SSS), motor ini mampu mencapai konsumsi bahan bakar sebesar 44,8 km/liter.

Dengan mesin berkapasitas 125 cc, Yamaha FreeGo menghasilkan tenaga maksimal sebesar 9,38 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal hingga 9,5 Nm pada 5.500 rpm. Selain itu, desainnya yang stylish membuat Yamaha FreeGo menjadi salah satu motor matic paling irit di tahun 2023 dengan tampilan yang menawan.

 

Suzuki Address FI

Kualitas Suzuki Address FI meski terasa asing, tidak boleh diremehkan. Dengan tangki bahan bakar berkapasitas 5,2 liter, motor ini mampu menempuh jarak maksimal hingga 249 km. Konsumsi BBM rata-ratanya mencapai 47,9 km/liter berkat sistem injeksi BBM, menjadikannya sebagai motor matic paling irit di tahun 2023 yang layak dipertimbangkan.



Sistem suspensi yang nyaman pada Suzuki Address FI memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Bahkan saat digunakan dalam kemacetan, transmisi CVT-nya berjalan dengan mulus tanpa getaran yang mengganggu.

 

Suzuki Nex II

Motor matic Nex II punya desain modern dan futuristik yang menarik perhatian. Dengan mesin 115cc FI dan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance), motor ini menawarkan keunggulan dalam efisiensi bahan bakar.

Meski berbobot sekitar 93 kg, Suzuki Nex II mampu menghasilkan tenaga 6,9 kW. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur menarik, seperti Suzuki Easy Start System, LED Headlight, USB Charger, dan Floor Board Sill Guard.

 

TVS Callisto

Dengan meluncurkan varian Callisto, TVS menciptakan motor entry-level yang irit bahan bakar. Motor ini memiliki konsumsi BBM sekitar 65 km/liter. Mesinnya berkapasitas 109,7 cc dengan tenaga maksimal 8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 8 Nm pada 5.500 rpm.

Selain itu, desainnya yang unik cocok bagi kamu yang ingin tampil beda. Berkat efisiensi tinggi dan desain yang menarik, motor TVS Callisto bisa menjadi opsi motor matic paling irit tahun 2023.

 

Sementara itu, laman autos.id menempatkan Honda Vario 160 pada posisi pertama motor matic paling irit. Sedangkan pada nomor dua ditempati Honda BeAT, dan posisi ketika Yamaha FreeGo.



 

Demikian tadi deretan motor matic paling irit di tahun 2023 versi IBID – Balai Lelang Serasi.

 





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya