SOLOPOS.COM - Dua kendaraan diparkir di pinggir jalan kampung wilayah Banjarsari, Solo, Selasa (10/1/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO-Ketika memarkir kendaraan, sebaiknya posisi ban dalam keadaan lurus. Tapi ternyata ada kalanya juga memarkir mobil direkomendasikan posisi ban berbelok.

Dalam mengendarai mobil atau kendaraan lainnya, kemampuan dalam melakukan parkir mobil merupakan hal yang penting untuk dimiliki. Sebab kemampuan ini merupakan bagian dari upaya dalam menjaga kendaraan atau mobil supaya aman dan awet.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan bagi para pengguna saat memarkir kendaraan adalah memposisikan ban dalam keadaan lurus. Sebaliknya, ada kondisi tertentu yang mengharuskan kita memarkir kendaraan dengan posisi ban bebelok.

Berikut beberapa alasannya mengapa hal ini perlu diketahui dan dilakukan, seperti dikutip dari Centrepark.

 

Parkir Posisi Ban Lurus

 

  • Mengurangi beban kerja power steering

Salah satu alasan mengapa penting untuk memperhatikan posisi ban lurus saat parkir dan banyak dijadikan sebagai perdebatan di antara kalangan pengguna mobil yaitu anjuran yang diberikan. Ini terutama bagi para pengguna mobil yang memiliki power steering hidrolik dan masih dikendalikan oleh oli.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya seal karet yang digunakan pada bagian sistem hidrolik yang ada pada mobil tersebut menjadi lebih cepat mengalami kerusakan.

Maka dari itu, disarankan melakukan parkir dengan posisi ban lurus agar seal pada power steering tidak mudah mengalami kebocoran.

 

  • Mengoptimalkan lahan parkir

Alasan lainnya yang ada untuk para pengguna mobil untuk memastikan posisi ban lurus saat parkir yaitu berkaitan dengan penggunaan dari lahan parkir itu sendiri. Dengan parkir posisi ban lurus, maka lahan yang digunakan menjadi lebih efisien. Selain itu, dalam kondisi kendaraan yang cukup banyak, pengaturan akan lebih mudah.

Jika dibutuhkan, maka posisi ban mobil yang lurus ini sendiri akan lebih mudah untuk dipindahkan jika berada dalam kondisi lahan parkir yang terbilang cukup terbatas. Apalagi pada lahan parkir dengan posisi paralel perlu untuk menggunakan posisi rem tangan yang netral agar mudah untuk didorong dan dipindahkan jika memang hal ini dibutuhkan untuk dilakukan.

 

Parkir Posisi Ban Belok

Berbeda dengan parkir di lahan yang datar di mana parkir harus dengan posisi ban lurus, parkir di lahan menurun akan berbeda.

Parkir dengan posisi ban lurus di lahan menurun tidak dibutuhkan. Ini berkaitan dengan keamanan mobil itu sendiri.

Oleh sebab itu, parkir di lahan menurun dianjurkan dalam posisi ban berbelok. Tujuannya untuk mengurangi risiko kendaraan meluncur tak terkendali (ngglondor) ketika terhadi masalah dengan hand brake.

Tentu ini membahayakan semua yang ada di depannya. Demikian penjelasan tentang posisi ban mobil ketika parkir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya