SOLOPOS.COM - Para mekanik bengkel AHASS melakukan perawatan motor pelanggan. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Mesin yang terawat dengan baik dan bekerja dengan optimal sangat penting untuk menunjang keselamatan saat berkendara. Berikut ini penjelasannya.

Sumber penggerak utama kendaraan adalah mesin. Energi kimia yang terkandung di bahan bakar dan dibantu sistem pembakaran di dalam mesin diubah menjadi energi mekanis.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Energi mekanis berupa putaran di poros engkol nantinya disalurkan ke roda melalui beberapa komponen seperti sistem kopling, gir transmisi, perangkat matik atau CVT, rantai atau belt.

Proses di dalam mesin ini wajib ada pelumas. Fungsinya adalah melumasi komponen mesin yang bergerak agar mengurangi gesekan, menyerap panas sekaligus menjaga suhu komponen tidak panas berlebih. Selain itu, menghindari pengendapan dan membantu membersihkan kotoran atau deposit sisa pembakaran atau keausan komponen agar terperangkap di filter oli dan melindungi komponen logam dari karat.

Kegagalan fungsi utama pelumasan bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah keselamatan dalam berkendara. Mengingat mesin adalah komponen utama yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan roda. Mesin bertugas untuk menyediakan energi untuk akselerasi dan deselerasi (memperlambat kecepatan) dengan responsif, lancar dan halus.

Hal ini penting untuk keselamatan berkendara, terutama saat harus mendahului atau menghindari rintangan. Mesin membantu menjaga kecepatan kendaraan agar tetap stabil, terutama di jalan tanjakan atau saat melawan angin kencang. Kegagalan pelumasan dapat menyebabkan pengendara kesulitan mengendalikan motor dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto menjelaskan bahwa mesin yang terawat dengan baik dan bekerja dengan optimal sangat penting untuk menunjang keselamatan saat berkendara.

Namun bila tidak memahami terkait perawatan mesin secara berkala, pengguna bisa menyerahkan urusan ini kepada mekanik di bengkel terpercaya.

“Bila tidak memahami terkait dengan perawatan mesin berkala, konsumen tidak perlu khawatir. Konsumen bisa mendatangi bengkel resmi Honda yaitu AHASS Jateng yang siap memberikan pelayanan terbaik dengan didukung mekanik ahli dan sparepart asli,” ujar Oke dalam siaran pers Astra Motor Jateng kepada Solopos.com, Sabtu (18/5/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya