Cara Hilangkan Bunyi Berdecit Rem Sepeda Motor

Ilustrasi berkendara saat hujan (Pictagram)
03 Februari 2019 12:00 WIB Chelin Indra Sushmita Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO – Bunyi berdecit yang sering timbul pada rem sepeda motor saat musim hujan sering kali membuat pengendara kesal. Bunyi yang memekakan telinga itu tentu mengganggu pendengaran. Namun, bunyi ini sebenarnya tidak menimbulkan masalah apapun.

Mengutip Express, Sabtu (2/2/2019), bunyi berdecit itu timbul akibat kotoran yang menempel di piringan cakram atau tromol yang terkena air hujan. Kondisi tersebut sebenarnya tidak mengganggu kinerja rem atau membahayakan pengendara. Namun, terkadang suara itu bisa juga disebabkan kondisi kanvas rem yang sudah mulai habis.

Jadi, pengendara harus melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan performa kendaraan. Pengendara juga semestinya rajin mencuci kendaraan untuk membersihkan kotoran yang menempel di bodi. Perhatikan pula kanvas rem, khususnya saat musim hujan tiba.

Usia kanvas rem ditentukan oleh pemakaian. Semakin sering sepeda motor dipakai, maka makin cepat pula kanvas rem tersebut habis. Kanvas rem terbuat dari bahan asbes yang menggembung saat basah dan mengeras saat kering. Jadi, periksalah kanvas rem secara berkala sebelum berkendara.

Selain rem, Anda juga harus memperhatikan kondisi ban ketika musim hujan tiba. Pastikan permukaan ban tidak aus agar tidak menimbulkan masalah ketika melaju di jalan raya saat hujan turun. Saat hujan, kondisi permukaan jalan raya menjadi lebih licin dan membuat kendaraan mudah tergelincir.