Tips Aman Kemudikan Mobil Saat Hujan Deras

Ilustrasi mengemudi saat hujan (Says.com)
04 Februari 2019 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO – Mengemudikan mobil saat hujan lebat jelas berbahaya. Derasnya air hujan membuat jarak pandang terhalang. Selain itu, kondisi jalan yang licin juga menantang kecakapan pengemudi.

Jika tidak hati-hati, kecelakaan bisa saja terjadi. Lihat saja, berapa banyak kecelakaan yang terjadi saat hujan lebat? Jadi, Anda harus esktra hati-hati saat mengemudikan mobil, khususnya saat hujan lebat dan jalan tergenang air.

Lantas, bagaimana cara mengemudi yang aman di musim hujan? Simak ulasan yang dihimpun dari Auto Care, Minggu (3/2/2019), berikut:

Cek kondisi mobil

Pastikan kondisi mobil aman dipakai untuk berkendara di musim hujan. Lakukan pengecekan mesin secara berkala agar tidak mengalami kendala saat mengemudi menerjang hujan.

Nyalakan lampu

Jangan lupa menyalakan lampu jika berkendara saat hujan lebat. Langit yang gelap ditambah dengan derasnya hujan tentu mengganggu jarak pandang. Lampu berfungsi memberikan sinyal kepada pengemudi lain tentang keberadaan Anda. Jangan ragu menekan klakson untuk memberikan peringatan dalam situasi berbahaya.

Melaju perlahan

Tahan keinginan mengebut di jalan ketika berkendara di kala hujan turun. Batas kecepatan yang aman untuk berkendara menerjang hujan adalah sekitar 35 km/jam. Jangan mengaktifkan kemudi otomatis karena membahayakan pengemudi.

Pilih jalur tengah

Pastikan Anda berkendara di lajur tengah. Sebab, bagian pinggir jalan biasanya lebih dulu tergenang air.