Kiat Membeli Mobil Baru dengan Kredit Ringan

Ilustrasi penjualan mobil (Carmudi.co.id)
08 Maret 2019 14:00 WIB Septina Arifiani Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO – Tinggal di hiruk pikuk Kota Jakarta, membuat masyarakat perkotaan ingin hidup praktis. Meski sudah banyak tersedia transportasi publik yang nyaman, seperti busway dan commuter line, mobil tetap menjadi pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan beraktivitas, terutama kebutuhan keluarga di akhir pekan.

Mendapatkan cicilan ringan saat membeli mobil baru secara kredit adalah impian semua orang. Setiap akhir tahun, produsen mobil seringkali menawarkan promo menarik kepada para calon konsumen, salah satunya cicilan ringan. Hal ini tentu sangat mendorong masyarakat untuk melirik pembelian mobil baru.

Seiring menjamurnya bisnis transportasi online, minat masyarakat Indonesia terhadap mobil juga bertambah. Banyak orang tertarik untuk membeli mobil baru sebagai modal usaha driver online. Hal ini dipermudah dengan adanya penawaran pembelian mobil secara kredit dengan cicilan ringan di muka.

Berikut strategi untuk mendapatkan kredit mobil baru dengan cicilan ringan:

1. Pilih Kredit Mobil dari Bank

Memilih kredit mobil dari bank lebih disarankan daripada leasing atau perusahaan pembiayaan (multifinance). Hampir semua bank di Indonesia memiliki produk kredit kendaraan bermotor (KKB) dengan skema pinjaman yang sama. Selain itu, bunga bank juga lebih rendah dibandingkan leasing. Bunga yang rendah pastinya akan berpengaruh pada jumlah cicilan.

Namun, pengajuan kredit mobil baru melalui bank memakan waktu yang cukup lama. Rata-rata, bank memiliki waktu proses maksimal 14 hari kerja, atau bisa lebih lama dari itu, tergantung kelengkapan dokumen yang diterima bank.

Syarat dokumen yang diminta bank juga ketat. Tidak semua pengajuan bisa lolos verifikasi. Pihak bank akan melakukan survei dan menentukan apakah Anda layak menerima kredit atau tidak setelah pemenuhan dokumen.

Sebut saja, slip gaji, surat keterangan bekerja, kartu keluarga (KK), dan kartu tanda penduduk (KTP). Bank juga akan menetapkan uang muka minimal 30 persen dari nilai total kredit.

Ini berbeda dengan leasing yang mematok persyaratan lebih longgar dan waktu proses lebih cepat. Namun, bunga kredit mobil baru melalui leasing umumnya dihargai lebih mahal.

2. Cermat Pilih Down Payment (DP)

Untuk mendapatkan cicilan kredit mobil yang ringan, Anda bisa memperbesar porsi uang muka atau down payment (DP). Kalau bisa memberikan DP sebesar 40-50 persen itu lebih baik karena beban utang tidak terlalu besar, serta beban cicilan lebih kecil.

Jangan memakai uang pinjaman untuk uang muka kredit mobil, pakailah uang sendiri agar Anda tidak harus mencicil untuk dua jenis hutang.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan, bukan Keinginan

Poin ini yang harus Anda ingat ketika ingin membeli mobil baru. Jangan pernah terjebak dengan keinginan untuk memiliki merek mobil baru yang terbaik di kelasnya sehingga Anda harus membayar cicilan mobil yang sangat tinggi.

Untuk menghindarinya, Anda sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu mengenai detail jenis mobil dan daftar harga mobil baru yang Anda butuhkan, bukan Anda inginkan baik untuk keperluan keluarga maupun pribadi.

Untuk keluarga, Anda bisa memilih 7 seater, sedangkan untuk sendiri, 4 seater sepertinya cukup. Anda sebaiknya membeli mobil baru dengan memperhatikan kapasitas penumpang, irit tidaknya bensin, serta tinggi atau tidaknya harga jual kembali.

Demikian tiga strategi di atas yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan pinjaman (kredit) mobil yang ringan sesuai dengan yang Anda inginkan. Siapkah Anda untuk membeli mobil baru?