5 Pembalap Muda Indonesia Tampil di Asia Talent Cup 2019

Pembalap binaan PT AHM, Abdul Gofar Mutaqim dan Mohammad Adenanta Putra. (Istimewa)
10 Maret 2019 15:45 WIB Ginanjar Saputra Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO — Lima pembalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) beraksi menunjukkan performa terbaik mereka pada balapan perdana Asia Talent Cup (ATC) 2019 di Losail International Circuit, Qatar, Sabtu-Minggu (9-10/3/2019).

Bertanding melawan pembalap berbakat se-Asia, Mohammad Adenanta Putra, Afridza Syach Munandar, Herjun Atna Firdaus, Muhammad Hildhan Kusuma, dan Abdul Gofar Mutaqim menjadi putra bangsa yang akan mencetak prestasi membanggakan di balapan tersebut.

Pembalap binaan PT AHM, Herjun Atna Firdaus. (Istimewa)

ATC 2019 diikuti 22 pembalap muda yang berusia antara 12 tahun hingga 19 tahun dan berasal dari beberapa negara, yaitu Jepang, Thailand, Turki, Australia dan Indonesia. Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap pembalap muda Indonesia, tahun ini AHM mendukung lima pembalap dalam rangkaian program pembinaan balap berjenjang AHM dalam balapan bergengsi se-Asia ini.

Mohammad Adenanta Putra, Afridza Syach Munandar, Herjun Atna Firdaus, Muhammad Hildhan Kusuma, dan Abdul Gofar Mutaqim merupakan hasil pembinaan balap di Astra Honda Racing School yang telah berdiri sejak 2010. Kelima pebalap Indonesia itu akan berlaga menggunakan Honda NSF250R.

Pembalap binaan PT AHM, Mohammad Adenanta Putra. (Istimewa)

Sepeda motor yang memiliki karakter sama dengan yang digunakan di Grand Prix Moto3 tersebuit diharapkan semakin mengasah skill balap mereka. Mereka telah menjalani satu-satunya tes pramusim pada 19-20 Februari di Sepang International Circuit, Malaysia.

Herjun Atna Firdaus mengungkapkan ia memang sudah tak sabar memulai musim balap 2019. Dengan memulai petualangan di Qatar dan Thailand, lanjutnya, tentu menjadi semangat tersendiri baginya.

Pembalap binaan PT AHM, Muhammad Hildhan Kusuma. (Istimewa)

Sepanjang jeda musim, Herjun mengaku telah berusaha keras mempersiapkan diri, terlebih dengan adanya latihan NSF250R sebelum berangkat yang membuatnya lebih optimistis menatap seri Qatar dan Thailand. "Target saya ialah bisa berkompetisi di rombongan depan dan meraih podium, terlebih saya sudah ada pengalaman membalap di Thailand selama TTC 2018. Semoga saya bisa meraih hasil terbaik bagi Indonesia," ujar Herjun seperti dikutip pada siaran pers yang diterima Solopos.com.

Sementara itu, Abdul Gofar Mutaqim mengaku balapan yang dimulai di Qatar dan Thailand merupakan tantangan baginya. Berbekal pengalaman di Thailand Talent Cup TTC 2018, ia bertekad bisa segera beradaptasi dan meraih hasil positif di kedua sirkuit tersebut.

Pembalap binaan PT AHM, Afridza Syach Munandar. (Istimewa)

Selain mempersiapkan diri dengan latihan, ia mengaku telah mempelajari sirkuit di Qatar dan Thailand untuk bisa mempercepat proses adaptasi. "Semoga semua persiapan yang saya lakukan dapat saya maksimalkan dengan raihan hasil positif di seri pembuka Asia Talent Cup 2019. Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia," ujar Gofar yang tahun lalu meraih posisi akhir 4 besar di Thailand Talent Cup.

ATC 2019 yang diperuntukkan bagi pembalap muda berbakat di Asia dan Oceania diselanggarakan oleh Dorna yang juga merupakan penyelenggara Kejuaraan Dunia Moto GP. Sebagai salah satu wadah bagi para pembalap muda meniti karir di ajang balap berstandar internasional, semua peserta ATC 2019 akan menjajal sirkuit yang digunakan di ajang balap MotoGP dan World Super Bike.

Tahun ini, ATC digelar sebanyak 12 kali balapan, ajang balap ini terbagi dalam enam putaran, yaitu Losail (Qatar), Motegi (Jepang), sedangkan untuk sirkuit Buriram (Thailand) dan Sepang (Malaysia) masing - masing akan disambangi sebanyak dua kali. Seri pertama ATC tahun ini digelar dua kali, Sabtu (9/3/2019) pukul 16:35 waktu setempat dan pada Minggu (10/3/2019) pukul 13:50 waktu setempat, bertepatan dengan lokasi dan hari yang sama dengan putaran pertama Moto GP 2019.