Penjualan LCGC Loyo, Honda Brio Masih Laris Manis

New Honda Brio Satya. (Istimewa - HPM)
19 Maret 2019 08:10 WIB Thomas Mola Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) menyebutkan Honda Brio dan Brio Satya menjadi model kendaran yang mencatatkan penjualan tertinggi. Brio Satya menjadi pemimpin pasar untuk model LCGC, sementara Brio memimpin untuk city car.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM sebelumya mengatakan, penjualan Brio telah berkontribusi signifikan terhadap penjualan Honda. Penyegaran Brio memberikan dampak positif untuk penjualan baik pada segmen LCGC ataupun city car.

Selama 2 bulan pertama tahun ini, Brio Satya berhasil dikirimkan ke dealer sebanyak 9.486 unit, naik 14,63% dibandingkan periode yang sama 2018. Penjualan Brio itu berkontribusi sebesar 45,8% terhadap total penjualan Honda pada 2 bulan pertama 2019.

“Penjualan Honda di segmen LCGC dan city car telah memberikan kontribusi yang signifikan dengan hadirnya generasi terbaru All New Honda Brio. Penjualan Honda di bulan-bulan berikutnya tentunya juga akan didukung penyegaran model yang kami lakukan di awal tahun ini, terutama Mobilio dan Civic,” ujarnya.

Pasar mobil ramah lingkungan dan harga terjangkau diproyeksi bakal menurun pada tahun ini. Pasalnya, segmen ini minim produk baru dan konsumen mendapatkan tawaran lain seperti naik ke kelas kendaraan multi guna hingga menunda memiliki kendaraan karena adanya layanan taksi daring.

Tren penurunan penjualan model Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) atau low cost green car (LCGC) sejatinya sudah mulai kelihatan pada akhir 2018 di mana penjualan model ini turun 1,8%.

Pada 2 bulan pertama 2019, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan KBH2 turun 12,47% ketimbang periode yang sama 2018. Kecuali Honda Brio, semua model KBH2 lainnya mengalami penurunan penjualan.