Merek Terbaik SBBI-JBBI Diumumkan 3 Mei, Simak Bocorannya di Sektor Otomotif

Penganugerahan SBBI-JBBI 2017 - (Solopos/Nicolous Irawan)
27 Maret 2019 04:30 WIB Bayu Jatmiko Adi Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO - Survei Solo Best Brand Index-Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI) 2019 menunjukkan konsumen produk otomotif sangat unik. Hal ini ditandai dengan atribut utama penentu pemilihan merek yang berbeda di setiap jenis motor.

Misalnya, konsumen motor matik dan motor manual punya pertimbangan berbeda dalam menentukan merek pilihan. Konsumen motor matik lebih mengutamakan desain bodi motor, sedangkan konsumen motor manual sangat mengutamakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Pemahaman mengenai karakter konsumen ini sangat penting bagi produsen untuk menentukan produk dan strategi marketing.

Dalam survei, tim riset SBBI-JBBI 2019 membagi kategori otomotif roda dua atau motor dalam lima kategori yakni motor transmisi manual, motor sport, motor sport road bike, matik regular, dan matik sport. Di masing-masing kategori, ada pertimbangan tersendiri yang menjadikan masyarakat memilih merek tersebut.

"Setiap kategori motor ada atribut sendiri-sendiri. Atribut itu pertimbangan orang dalam memilih motor. Pada motor manual, atribut utama adalah irit BBM. Artinya orang pilih merek motor manual itu pertimbangan pertama adalah irit BBM. Lain lagi kalau motor sport, ternyata desain jadi alasan utama untuk memilih. Tampaknya peminat motor sport sudah tidak mempermasalahkan konsumsi BBM karena harganya juga lebih mahal," kata Ketua Divisi Survei SBBI-JBBI, Sholahuddin, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (19/3/2019).

Secara umum ada tiga pertimbangan yang melandasi masyarakat untuk akhirnya memilih produk tertentu. Ketiganya adalah desain kendaraan, irit BBM, dan performa kendaraan. Udi, sapaan akrabnya, menjelaskan berdasarkan hasil survei yang bakal diumumkan 3 Mei, ada merek sepeda motor yang sangat dominan sehingga sulit tergantikan. Udi tidak menyebut merek tersebut.

Namun, gambaran mengenai hal itu bisa dilihat di kategori motor sport road bike. "Terdapat satu merek dominan yang mengungguli merek-merek lain. Karakteristik yang disukai dari motor jenis ini adalah desain bodi yang sporty, hemat BBM, dan akselerasi yang ringan," terang dia.