Bus Baru Hino Lebih Aman dan Hemat Bahan Bakar, Masak Sih?

Bus Hino FC Bus dan RN 285 sebelum memulai perjalanan road test di Kartasura, Sukoharjo, Senin (1/4 - 2019).(Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
02 April 2019 05:40 WIB Bayu Jatmiko Adi Otomotif Share :

Solopos.com, SUKOHARJO - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama PT Duta Cemerlang Motor (DCM), selaku dealer resmi Hino untuk wilayah Jawa Tengah, mengajak 20 pengusaha otobus di wilayah Jawa Tengah menjajal keunggulan fitur FC Bus dan RN 285, Senin (1/4/2019). Fitur baru itu membuat bus lebih aman dan hemat bahan bakar.

Rute road test dimulai dari Pabelan, Kartasura, Sukoharjo menuju Boyolali dan kembali ke Pabelan. Untuk FC Bus, terdapat perubahan di bagian ban yang sebelumnya menggunakan ban dan pelek 8.25 R16, kini ban dan pelek 9.5 dan R 17.5 untuk menambah kenyamanan berkendara. Perubahan ban dan pelek tersebut untuk mendukung sirkulasi udara panas pada ban sehingga mengurangi kejadian ban pecah. Dengan penggunaan ban radial tubeless, perawatan pun lebih mudah.

Road test juga sebagai ajang untuk memperkenalkan transmisi baru Hino Bus RN 285 yang saat ini menggunakan tipe ZF6S1010B0 over drive. Dengan sistem transmisi baru, kendaraan menjadi lebih bertenaga dan hemat bahan bakar.

Technical & Evaluation Dept Head HMSI, Zainal Mutaqin, mengatakan Hino Bus RN 285 dilengkapi retarder transmission yang membantu proses pengereman menjadi lebih aman dan nyaman bagi penumpang dan pengemudi. "Keuntungan lainnya dengan penggunaan retarder ini adalah mengurangi lelah pengemudi sebab frekuensi menginjak pedal rem berkurang sehingga berdampak juga terhadap penghematan penggunaan kanvas rem," kata dia kepada wartawan di sela-sela acara tersebut, Senin.

Baik Hino Bus RN 285 maupun FC Bus kini menggunakan mesin common rail yang sudah terjamin ketangguhan dan kemudahan perawatannya. FC Bus memiliki kapasitas 40 penumpang yang sekaligus melengkapi jajaran produk bus Hino yang sebelumnya hanya ada bus besar seperti RN 285 dan R260 dengan kapasitas 59 penumpang.

Hino juga memiliki bus kecil dengan kapasitas 30 penumpang. Hino bus tersebut sangat cocok digunakan untuk pariwisata maupun transportasi dalam kota dan antarkota. Hal ini dibuktikan dengan penjualan unit ini pada tahun lalu yang mencapai 1.387 unit dan menguasai pasar hingga 96%. Senior Marketing Manager Product Planning Division Vehicle Logistic Division HMSI, Hiroshi Iwai, mengatakan penambahan fitur pada produk Hino untuk menyesuaikan permintaan pasar.