Roadster Sporty BMW Z4 2019 Bakal Masuk Indonesia

Mobil BMW Roadster. (Istimewa - BMW)
20 April 2019 03:10 WIB Dewi Andriani Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA - BMW Group Indonesia bakal menggoda para penggemarnya dengan kendaraan sporty dua pintu bergaya roadster yang yang sudah cukup lama tidak hadir dengan generasi terbarunya.

Rencananya, mobil yang bakal jadi ikonik jenis roadster terbaru ini akan diluncurkan pada ajang Indonesia Internasional Motor Show 2019 atau IIMS 2019 yang digelar 25 April mendatang, yaitu BMW Z4 2019.

Generasi terbaru dari Z4 ini menjadi kendaraan BMW pertama yang dirancang sebagai hasil kolaborasi bersama Toyota. Sportcar asal dari Jerman ini, disebut-sebut sebagai kembaran Toyota Supra 2020 yang baru saja memulai debutnya pada awal tahun ini.

Meski dipersenjatai dengan mesin dan berbagai komponen yang sama, tetapi ada garis pemisah yang jelas diantara keduanya. Toyota Supra tersedia murni sebagai coupe fixed-head sedangkan BMW Z4 hadir dengan model soft top yang membiarkan matahari untuk masuk.

All New Z4 ini menawarkan perpaduan yang menarik antara tenaga, presisi, dan kelincahan. Tampil begitu segar dengan berbagai peningkatan, mulai dari urusan performa hingga fitur. Tak heran bila All New Z4 ini disebut sebagai kendaraan yang truly sheer driving pleasure.

Kendaraan ini dirancang dengan menempatkan dua pertiga mesin di belakang roda depan untuk distribusi berat 50:50 dan membuatnya jauh lebih lebar di jalur (hampir 100mm di depan) dan jarak sumbu roda lebih pendek dari Z4 sebelumnya.

Ada dua versi kendaraan yang ditawarkan yakni BMW Z4 dengan model  M40i ditenagai dengan spesifikasi mesin 3.0 liter BMW M Performance Twin Power Turbo  6-silinder. Mesin tersebut mampu menyemburkan 382 tenaga kuda dan torsi 369 lb-ft.

Adapun model kedua 30i yang menggendong mesin 2.0 liter inline 4-slinder twin power turbocharged BMW terbaru yang menghasikan 225 tenaga kuda dan 295 lb torsi.

BMW memperkirakan akselerasi kendaraan ini mampu dilakukan pada 0 --1 00 km per jam dalam waktu 4,4 detik dan 5,2 detik. Keseluruhan daya dorong disalurkan melalui sistem transimisi otomatis ZF delapan kecepatan otomatis yang menjadi penggerak roda belakang.

Model kendaraan M40i hadir standar dengan peredam aktif, sistem pengereman dari M Sport, dan diferensial selip terbatas yang dikendalina secara elektronik. Selain itu juga memiliki suspensi sport dengan pengaturan listrik. Sedangkan 30i akan menawarkan tambahan tersebut juga dalam paket Track Handling.

Varian utamanya yaitu M40i mampu menunjukkan karakter desain baru yang menjadi perintis level baru The All new BMW Z4 khususnya pada fascia depan dengan lampu utama tertarik ke bagian atas, dikombinasi dengan garis tajam yang rapi sehingga mampu memancarkan energy dan gaya sporty klasik yang khas.

Warna hitam cukup ditonjolkan melalui grille, beberapa elemen pada intake depan, velg dan roll hoop. Kedua model ini memiliki standar ban depan 255-width dan ban belakang 275-width, dengan roda 18 inch serta 19 inch sebagai pilihan.

Sementara buritannya menampilkan lampu belakang yang ramping dan spoiler terintegrasi dengan pintu bagasi, juga bumper dengan ventilasi dan knalpot ganda.