Permintaan Mobil Listrik Meningkat, Kia Tunda Peluncuran Soul EV 2020 di AS

Kia Soul EV 2020. (Istimewa - kia.ca)
14 Mei 2019 09:10 WIB Fatkhul Maskur Otomotif Share :

Solopos.com, NEW YORK - All new Kia Soul EV 2020 yang memulai debutnya pada tahun lalu akan mengalami penundaan peluncuran di Amerika Serikat (AS) karena pabrikan Korea Selatan itu masih fokus mendistribusikan model itu ke pasar Eropa.

Chief Operating Officer Kia Motors America, Michael Cole mengatakan bahwa kendaraan compact crossover itu dijadwalkan dijual di AS tahun ini, namun mereka tidak bisa memberikan alasan lebih jauh mengenai keterlambatan penjualan tersebut, yang diduga karena faktor permintaan mobil listrik di negara adidaya yang didominasi model Niro.

"Soul EV mungkin akan [datang ke AS] tahun depan," kata Michael Cole yang dikutip dari Carbuzz, Senin (13/5/2019).

Lebih lanjut ia menjelaskan "Permintaan global elektrifikasi, terutama di Eropa dengan perpajakan karbon dioksida sangat tinggi. Sedangakan permintaan di wilayah lain untuk produk Niro sangat tinggi, " jelasnya.

Karena adanya peraturan yang ketat di AS, Kia memprioritaskan untuk produksi dan pengiriman ke Eropa terlebih dahulu, tidak bisa dipungkuri bahwa permintaan untuk kendaraan EV di AS juga cukup tinggi.

Niro EV kemungkinan dijual di AS seharga Rp568 juta, dengan daya jelajah 239 mil berkat penggunaan baterai lithium 64 kWh yang menggerakkan motor listrik 356 volt bertenaga 201 tk dan torsi 291 lb-ft ke roda depan.

Sumber : Antara