6 Tips Mudik Pakai Sepeda Motor

Kendaraan roda dua dan roda empat terjebak kemacetan di pusat bisnis dan perbelanjaan Jl. Dr. Radjiman, Solo, Minggu (10/6 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
28 Mei 2019 12:30 WIB Newswire Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO – Pulang ke kampung halaman menjelang Lebaran alias mudik dapat ditempuh dengan berbagai mode transportasi. Kendati sudah cukup banyak alternatif, mudik menggunakan sepeda motor masih menjadi pilihan apalagi dengan rute perjalanan dekat.

Dengan karakteristik sepeda motor, bukan hanya kondisi fisik yang harus dipersiapkan dengan baik oleh pemudik, akan tetapi kondisi kendaraan juga harus dipersiapkan baik. Berikut enam hal yang harus diperhatikan menurut Shop&Bike sebagaimana dikutip Antara, Senin (27/5/201):

Pengecekan menyeluruh

Melakukan pengecekan menyeluruh kendaraan yang akan digunakan maksimal satu pekan sebelum digunakan agar dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang baru.

Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

Buat rencana perjalanan

Pemudik menggunakan motor diimbau membuat perencanaan perjalanan dengan baik, termasuk mencari dan mengetahui jalur alternatif yang dapat dilalui, serta tidak membawa barang berlebih agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

Selalu waspada

Waspada saat berkendara dengan memperhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri kendaraan dengan selalu memperhatikan jarak antara kendaraan baik di depan maupun belakang.

Istirahat

Jika pengemudi lelah atau mengantuk sebaiknya berhenti di rest area untuk beristirahat. Saat beristirahat pastikan kembali bahwa melakukan pengecekan terhadap motor di beberapa bagian penting.

Perlengkapan wajib

Perhatikan juga perlengkapan berkendara wajib yang aman dan nyaman untuk digunakan seperti helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang, sepatu. Kemudian siapkan pula jas hujan dengan warna yang mencolok.

Surat kendaraan hingga alat darurat

Jangan melupakan hal-hal penting lainnya seperti surat-surat penting yang dibutuhkan ketika berkendara, kelengkapan alat darurat, termasuk peralatan P3K agar selalu siap sedia di kendaraan.