Mur Ban Bermasalah, 25.000 Uni Mazda 3 Di-Recall

Mazda 3. (Istimewa - Mazda)
02 Juli 2019 03:10 WIB Newswire Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA - Masalah dalam proses perakitan membuat Mazda berencana menarik sekitar 25.000 unit Mazda 3 di wilayah Amerika Utara. Lembaga Administrasi Keamanan Lalu Lintas Nasional (NHTSA) mengeluarkan laporan resmi mengenai adanya rencana penarikan tersebut pada awal Juni lalu.

Secara spesifik cacat produksi yang terjadi terletak adanya jarak selisih komponen penghubung di bagian roda kendaraan. Kesalahan tersebut muncul pada produk yang dirakit periode September 2018 hingga April 2019 lalu. Ada potensi bahwa mur ban mengendur dan menyebabkan kendaraan hilang kendali saat berjalan dalam kecepatan normal.

Menurut catatan NHTSA belum ditemukan kejadian kecelakaan mobil khususnya model Mazda 3 akibat kesalahan tersebut. Namun, mereka memutuskan untuk menyarankan kepada produsen mobil untuk melakukan penarikan sebagai langkah antisipasi lebih lanjut.

Mazda sendiri secara luas akan menjalankan proses penarikan model tersebut mulai Agustus nanti. Meski, bagi konsumen Amerika Serikat yang sudah mengetahui informasi tersebut dapat mendatangi bengkel resmi dan diler terdekat untuk mendapat perbaikan.

Notifikasi mengenai kesalahan yang muncul pada model Mazda 3 sendiri sudah mendapat perhatian dari pabrik Mazda di Jepang dan Meksiko. Proses pengencangan dan pembenahan bagian penghubung dalam perakitan model keluaran terbaru sudah berlangsung sejak April dan Mei 2019 lalu.

Sumber : Antara