Mazda 3 Hatchback Jadi Tulang Punggung Penjualan Mazda

All New Mazda 3. (Bisnis.com - Aprianus Doni Tolok)
10 Juli 2019 06:10 WIB Aprianus Doni Tolok Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA - Keputusan Mazda meluncurkan All New Mazda 3 dalam dua jenis kendaraan yakni sedan dan hatchback bertujuan untuk menggaet konsumen kelas menengah atau medium.

Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Roy Arman Arfandy memprediksi jenis hatchback akan lebih mendominasi penjualan.

Pasalnya, selain desain sporty yang dibalut dengan fitur berteknologi canggih yang sangat menarik, pajak sedan Tanah Air masih melambung tinggi. "Pajak sedan di sini kan masih tinggi. Jadi kalau bicara rasio mungkin dua banding satu dengan dominasi hatchback," katanya, Senin (8/7/2019).

Namun, dia meyakini bila harmonisasi pajak baru sudah diresmikan, pasar sedan akan kembali bangkit dan optimistis penjualan sedan All New Mazda 3 juga akan terangkat juga.

EMI akan meluncurkan All New Mazda 3 sebagai amunisi terbaru pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang akan digelar 18-28 Juli nanti.

Roy mengatakan bahwa All New Mazda 3 akan bersaing dengan Honda Civic yang juga menyajikan dua jenis mobil yang sama. "Sedan [All New Mazda 3] akan jadi pesaing kuat Civic. Mereka juga ada sedan dan hatchback-nya. Selain itu, kami juga berada di kelas yang sama dengan Toyota Altis," ujarnya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat sedan Honda Civic terjual 269 unit dan hatchback sebanyak 277 unit selama lima dalam periode Januari hingga Mei 2019.

Roy mengatakan bahwa target penjualan All New Mazda 3 sekitar 40-50 unit per bulan. "Saya berharap model ini bisa jadi tulang punggung penjualan Mazda setelah CX-5 dan Mazda 2," katanya.

Sayangnya, Mazda masih merahasiakan harga pasti dari All New Mazda 3. Namun, Roy memberi bocoran bahwa harga model terbaru itu tidak akan menyentuh angka Rp500 juta atau mirip dengan seri terdahulunya.