Eclipse Cross Masuk Indonesia, Bagaimana Nasib Outlander Sport?

Mitubishis Eclipse Cross. (Istimewa - mitsubishicaras.com)
11 Juli 2019 00:10 WIB Thomas Mola Otomotif Share :

Solopos.com, JAKARTA - Mitsubishi Motors menempatkan model terbarunya Eclipse Cross sebagai medium sport utility vehicle (SUV) dengan harga di bawah Rp500 juta. Alhasil, Eclipse Cross pun berada di antara Pajero Sport dan Outlander Sport.

Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengatakan, Eclipse Cross tidak menggantikan Outlander Sport tetapi menambah lini produk Mitsubishi di Tanah Air.

“Eclipse Cross punya posisi berbeda baik dari sisi produk maupun harga atau tidak menggantikan Outlander Sport. Eclipse merupakan tambahan line up dari yang ada sekarang,” ujarnya di sela-sela peluncuran Eclipse Cross dan Outlander PHEV di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Penjualan Outlander Sport tidak sebagus model Mitsubishi lainnnya di Tanah Air. Saat ini Outlander dipasarkan mulai dari Rp338 juta hingga Rp383,5 juta.

Irwan menjelaskan, pasar medium SUV di Tanah Air tidak begitu besar karena saat ini tren di Tanah Air masih model MPV atau SUV 7 penumpang.

Pada segmen itu Mitsubishi telah memiliki Pajero Sport dan Xpander, sehingga Eclipse akan menyasar konsumen yang ingin menambah kendaraan, keluarga kecil atau yang hidup di perkotaan.

Dia menuturkan, dengan pasar medium SUV yang kecil, Mitsubishi melakukan kajian mendalam sebelum menghadirkan Eclipse Cross yang didatangkan secara utuh dari Jepang.

Menurutnya, Eclipse Cross klaimnya, memiliki keunggulan yang membuat produk ini unik.

“Ada unique selling point yakni desainnya yang dinamis, mode berkendara yang lengkap, dan konektivitas. Kami telah pelajari betul ketiga unique selling point ini dan yakni bisa masuk ke pasar compact SUV.”

Irwan mengatakan, tidak ada fitur yang dipangkas untuk pasar Indonesia karena produk yang didatangkan adalah produk standar ekspor. Mitsubishi akan memasarkan Eclipse Cross dengan harga tidak lebih dari Rp500 juta yang didukung oleh paket Smart untuk purnajual.

Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura menambahkan, target penjualan akan disampaikan pada saat GIIAS 2019. Namun, Mitsubishi tidak akan mengerek penjualan dengan cara memberikan diskon.

Terkait nasib Outlander Sport, Nakamura mengatakan, saat ini Outlander masih dipasarkan dan masih tersedia di dealer. Namun, jumlah Outlander yang tersedia sangat terbatas.