Hino Gelar Kompetisi Keselamatan Berkendara untuk Pengemudi Truk

Manajemen PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) berfoto bersama truk Hino jelang kompetisi Hino Safety Driving di Tangerang, Rabu (17/7 - 2019). (Istimewa/HMSI)
19 Juli 2019 04:30 WIB Tika Sekar Arum Otomotif Share :

Solopos.com, TANGERANG – Kompetisi otomotif keselamatan berkendara dengan truk, Hino Safety Driving, memasuki babak grand final, 17-19 Juli 2019. Kompetisi ini berjalan sejak 2017 dan telah hadir di 22 kota dengan total peserta lebih dari 1.500 pengemudi dari 850 perusahaan.

Pada lomba kali ini adalah para peserta adalah juara di masing–masing kota yang telah mengadakan Hino Safety Driving Competition. Para finalis memperebutkan gelar juara dalam National Hino Dutro Safety Driving Competition. Kompetisi digelar di pusat pelatihan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Jatake–Tangerang, Banten pada 17-19 Juli 2019. Acara diikuti 20 pengemudi dari masing–masing juara di setiap kota.

“Hari ini [Rabu (17/7/2019)] Nasional Hino Dutro Safety Driving digelar dengan tujuan agar para pengemudi mendapat pengalaman berharga ilmu mengemudi yang aman dan benar dan dapat mereka bagikan kepada sesama pengemudi yang lain. Sehingga tercipta pengemudi truk yang aman dan berkendara sesuai peraturan,” kata Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu.

Hino Safety Driving Competition merupakan bentuk tanggung jawab HMSI bagi pelanggan, masyarakat, dan pemerintah. Hino tidak ingin hanya menjual truk dan bus, tetapi juga peduli terhadap keamanan dan keselamatan para pengemudi truk yang menjadi tulang punggung dalam bisnis perusahaan. Hal itu dilakukan melalui edukasi yang berkesinambungan dan terarah sesuai dengan tujuan dari pemerintah dalam keselamatan berkendara.

Melalui event ini Hino ingin berkontribusi dan membantu pemerintah memberikan edukasi kepada para pengendara truk dan bus di Indonesia untuk lebih sadar akan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Dengan cara mengemudi yang benar dan aman ditambah pemeliharaan rutin yang tepat, dapat memberikan keuntungan dan kesejahteraan kepada pengemudi dan pemilik truk serta keselamatan di jalan raya.

National Hino Dutro Safety Driving Competition dibagi menjadi dua bagian tes. Hari pertama para pengemudi dites mengenai keahlian mengemudi atau skill test seperti jalan zig–zag, jalan menyempit, dan tes untuk ketelitian dalam melihat area yang tidak terlihat atau blind spot. Setelah tes keahlian, pengemudi akan diuji juga untuk tes kehematan dalam mengemudi atau ecodriving.

“Edukasi ini terus kami lakukan dan berkelanjutan demi keselamatan berkendara yang aman di jalan karena para pengemudi sangat berharga bagi kami, perusahaan, dan terutama keluarga mereka. Untuk itu kami ingin mereka pulang ke rumah dengan selamat,” ujar Direktur HMSI, Santiko Wardoyo.