SOLOPOS.COM - Kendaraan taktis si Maung. (pindad.com)

Solopos.com, JAKARTA – Mobil Maung produksi PT Perindustrian Angkatan Darat (Pindad), Bandung kembali jadi buah bibir. Berapa harga mobil asli buatan Indonesia ini?

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sekaligus menamai kendaraan operasional “Maung” ini di halaman Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (18/1/2023). Peresmian tersebut dilakukan seusai memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2023.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mencoba Maung yang dikemudikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Keduanya pun meninjau pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang merupakan bagian dari rangkaian acara rapat pimpinan.

Kali ini, mobil tersebut kembali jadi omongan karena pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka datang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menggunakan kendaraan atau mobil jenis yang sama, yang merupakan kendaraan produksi PT Perindustrian Angkatan Darat (Pindad), Bandung.

Juru bicara (Jubir) Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa mobil yang digunakan capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) adalah milik pribadi Prabowo.

 

Spesifikasi Mobil Maung

Maung didesain memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi.

Juga dirancang untuk memiliki kemampuan modular yang difungsikan menjadi berbagai varian operasi.

Laiknya sport utility vehicle (SUV), Maung mampu mengangkut empat personel dengan kelengkapan dudukan senjata kaliber 7,62 mm dan konsol senapan serbu SS2-V4 kaliber 5,56 mm.

Maung memiliki panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, dan tinggi 1.810 mm, dengan wheelbase 3.090 mm. Bobot rantis 4WD ini mencapai 2 ton.

Kendaraan ini dilengkapi mesin diesel turbo 2.494 cc 2GD-FTV buatan Toyota digunakan untuk sumber tenaga penggerak via transmisi manual enam percepatan. Mesin yang menghasilkan 149 hp dan torsi 400 Nm ini juga digunakan pada Toyota Hilux.

 

Harga Mobil Maung

Mengenai harga mobil Maung, beberapa situs berita menyebut bahwa mobil ini dijual dengan harga Rp600 jutaan. Sedangkan untuk sipil, Maung juga dijual dengan harga yang kurang lebih sama, yakni sekitar Rp600 juta-Rp700 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya