SOLOPOS.COM - Daihatsu Sigra (Daihatsu)

Solopos.com, JAKARTA-Mobil Sigra menjadi mobil paling banyak dipesan dari Daihatsu dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan sebanyak 1.048 unit surat pemesanan kendaraan (SPK) per 19 Agustus 2023, arau sehari sebelum GIIAS ditutup.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, sampai dengan 19 Agustus 2023, model Daihatsu Sigra mencatatkan SPK paling banyak dengan kontribusi sekitar 35 persen dari total SPK yang dikantongi perseroan.

Berikutnya, Granmax pikap (pickup atau PU) berkontribusi sekitar 17 persen dari total SPK, Terios sebesar 13 persen, dan Xenia sebanyak 12 persen. Kemudian, untuk model lainnya, seperti Rocky dan Ayla masing-masing berkontribusi 9 persen, Granmax MB 5 persen, serta Luxio dan Sirion masing-masing 4 persen.

“Jika dibandingkan dengan hari ke-10 GIIAS tahun 2022 tumbuh 35 persen,” ujar Hendrayadi kepada Bisnis, Minggu (20/8/2023).

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan Daihatsu pada Juli 2023 mencapai 15.821 unit, turun 12,64 persen dibandingkan Juni 2023 sebanyak 18.112 unit.

Sebelumnya, Hendrayadi mengatakan, kemungkinan turunnya penjualan pada Juli 2023 disebabkan adanya pengeluaran masyarakat untuk liburan pertengahan tahun. Selain itu, masyarakat juga lebih memilih menunda pembelian mobil dengan memprioritaskan pengeluaran untuk biaya tahun ajaran baru.

“[Mungkin juga] menunda pembeliannya hingga bulan Agustus mengingat adanya pameran GIIAS yang biasanya beberapa merek meluncurkan model baru,” ujar Hendrayadi kepada Bisnis, Rabu (9/8/2023).

Adapun, dia mengatakan, penjualan pasar otomotif dalam beberapa tahun terakhir memang cenderung lebih rendah pada rentang Mei-Juli sebelum bisa rebound pada Agustus.

Dia lantas berharap pasar otomotif akan lebih bergairah pada Agustus sehingga turut mendongkrak penjualan dari Daihatsu demi mempertahankan posisi pangsa pasarnya.

Demikian informasi tentang mobil Sigra yang menjadi mobil paling banyak dipesan dari Daihatsu dalam GIIAS 2023

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jelang Hari Terakhir GIIAS 2023, Daihatsu Kantongi 1.048 Unit SPK”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya