SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi, berkendara dengan sepeda motor. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Sebentar lagi tahun akan berganti dari 2023 ke 2024. Banyak orang yang merayakan dengan bepergian dengan kendaraan roda dua alias motoran ke berbagai tempat seperti ke rumah saudara, teman, atau ke pusat-pusat perayaan pergantian tahun.

Nah, supaya perjalanan lancar dan kamu bisa mengikuti acara pergantian tahun dengan suka cita, bikers perlu memperhatikan tips berkendara yang aman.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

 

1. Mempersiapkan diri

Dalam berkendara di tahun baru membutuhkan fisik dengan stamina yang baik agar melakukan kegiatan dengan positif dan menyenangkan. Mental bikers dalam menghadapi dinamika perjalanan dalam merayakan tahun baru juga perlu pengelolaan mental yang baik menghadapi lalu lintas yang pasti padat dan perilaku pengguna jalan lainnya yang beragam.

 

2. Memastikan motor dalam kondisi baik

Kendaraan motor penting diperiksa mulai dari bagian-bagian roda, sistem pengereman, sistem lampu, serta mesin sebelum melakukan perjalanan agar tidak ada kendala saat melakukan perjalanan panjang. Pastikan kendaraan memiliki persediaan bahan bakar yang cukup agar tidak membuang waktu untuk mengantre saat mengisi bahan bakar.

 

3. Memiliki perencanaan yang pasti

Mengandalkan peta online, bikers kerap kali dihadapkan situasi diarahkan ke jalanan yang sepi guna mempercepat perjalanan, namun hal ini bisa berbahaya bila bikers tidak mengenal daerah yang akan dilalui karena berpotensi masuk ke daerah minim penduduk, hutan, jalan sempit, dan lainnya.

Ada baiknya mempertimbangkan arah perjalanan dan tujuan, mengingat rute-rute favorit akan ramai, padat, bahkan macet. Faktor cuaca hujan juga perlu dipertimbangkan walaupun BMKG Provinsi Jawa Tengah memperkirakan kondisi tanggal 31 Desember 2023 akan cerah berawan hingga hujan ringan sedang di beberapa wilayah Jawa Tengah, bersiaplah dengan jas hujan.

 

4. Antisipasi situasi

Saat berkendara di siang hari, terik panas matahari bisa membuat bikers berkeringat lebih sehingga meningkatkan risiko dehidrasi. Untuk mencegahnya, banyak-banyaklah minum air selama melakukan perjalanan panjang di siang hari.

“Menyenangkan merayakan pergantian tahun baru, selalu #Cari_aman kemana pun pergi, utamakan selamat, tetap fokus dan konsentrasi berkendara, jaga jarak aman, hormati sesama pengguna, patuhi aturan dan rekayasa pengalihan atau pengamanan jalur jalan oleh pihak berwajib, Selamat Tahun Baru 2024, ” ujar Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah (Jateng), Oke Desiyanto dalam siaran resmi Astra Motor Jateng kepada Solopos.com, Selasa (26/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya